455 Polisi di Bali Rapid Test usai Amankan Demo Omnibus Law

dewi umaryati ยท Jumat, 09 Oktober 2020 - 10:58 WITA
455 Polisi di Bali Rapid Test usai Amankan Demo Omnibus Law
ilustrasi rapid test

DENPASAR, iNews.id - Sebanyak 455 polisi yang merupakan gabungan dari Polda Bali, Polresta Denpasar, dan Polres Badung menjalani rapid test usai bertugas mengamankan aksi demo menolak Omnibus Law. Tes ini sesuai perintah Kapolda Bali agar anggota yang bertugas tetap sehat dan terhindar dari Covid-19.

"Ya benar, semua anggota yang terlibat pengamanan demo Omnibus Law kemarin seluruhnya kita rapid," kata Kapolresta Denpasar, Kombes Jansen Avitus Panjaitan, Jumat ( 9/10/2020).

Menurutnya, seluruh anggota yang bertugas dan rentan terpapar Covid-19 wajib menjalani rapid test agar tetap sehat, sehingga dapat menjaga kamtibmas di Bali tetap kondusif dan aman.

Di sisi lain, Kapolresta menyesalkan aksi mahasiswa yang semula berjanji hanya di dalam kampus, ternyata berubah keluar hingga sampai gedung DPRD Bali.

Polisi menduga aksi ini tidak murni kegiatan mahasiswa menyuarakan penolakan Omnibus Law, tetapi sudah disusupi oknum tertentu.

"Sepertinya mereka ada yang menggerakkan. Dari semula hanya di kampus, tiba-tiba mereka keluar. Ini yang kami sayangkan," kata perwira menengah ini.

Menurut Kapolresta, saat mendapat informasi mahasiswa akan melakukan aksi, dia sudah melakukan pendekatan ke mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Berkerumun di tengah pandemi Covid-19 ini sangat berbahaya, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain

"Kita sudah ingatkan mahasiswa, mengimbau mereka agar membatalkan aksinya karena berkumpul di tengah pandemi ini sangat berbahaya," katanya.

Sebelumnya, aksi demo tolak UU Omnibus Law di Bali dipusatkan mahasiswa di dalam Universitas Udayana Jalan PB Sudirman, Denpasar.

Aksi ini kemudian bercampur dengan massa bergerak ke Gedung DPRD Bali di Renon Denpasar. Di sinilah mulai terjadi kericuhan, ada massa yang memprovokasi dengan melempari petugas dengan batu.


Editor : Reza Yunanto