3 Bagian KRI Nanggala Ditemukan, TNI AL Ungkap Kesulitan Angkat ke Permukaan

Aris Wiyanto · Selasa, 18 Mei 2021 - 11:44:00 WITA
3 Bagian KRI Nanggala Ditemukan, TNI AL Ungkap Kesulitan Angkat ke Permukaan
Evakuasi KRI Nanggala 402 mengalami kesulitan (Foto: Ist)

DENPASAR, iNews.id - TNI AL telah menemukan tiga bagian utama kapal selam KRI Nanggala 402 yakni haluan (bow section), anjungan (sail section), dan buritan (stern section). Namun TNI AL menghadapi kesulitan untuk mengangkat tiga bagian kapal selam tersebut ke permukaan.

Hal itu disampaikan Panglima Koarmada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto dalam konferensi pers di Denpasar, Bali, Selasa (18/5/2021).

Menurutnya upaya evakuasi bagian KRI Nanggala 402 ini mendapat bantuan dari Angkatan Laut China. Namun diakuinya tak mudah untuk mengangkat bagian kapal selam yang beratnya hingga belasan ton. 

Bagian KRI Nanggala 402 yang paling memungkinkan untuk diangkat yakni anjungan (sail section) dan buritan (stern section).

"Mereka kesulitan mengangkat. Yang bisa diangkat sail section dan stern section. Kalau sudah bisa diangkat akan dibawa ke Lanal terdekat di Banyuwangi," tuturnya.

Menurutnya lamanya operasi pengangkatan dua bagian kapal selam itu belum bisa dipastikan. TNI AL memberi waktu hingga 26 Mei 2021.

"Tapi mereka minta hingga akhir Mei. Setelah itu kita akan komunikasi intensif lagi," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan TNI AL telah menemukan tiga bagian KRI Nanggala yang tenggelam di perairan Bali bagian utara. Tiga bagian itu adalah haluan, anjungan dan buritan.

"KRI Rigel bersama dengan MSV Rescue telah mendapat data lokasi bow section atau haluan, sail section atau anjungan yang ada nomornya 402, dan stern section atau buritan," ujar Iwan.

KRI Nanggala 402 tenggelam di perairan Bali utara pada 21 April 2021. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan kapal selam tersebut tenggelam di kedalaman 850 meter, dan 53 awaknya gugur.

Editor : Reza Yunanto