Tangkapan layar money changer di Gianyar, Bali melakukan kecurangan penukaran uang terhadap wisatawan asing. (Foto: iNewsTV/Ketut Catur)
Ketut Catur Kusumaningrat

GIANYAR, iNews.id - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan karyawan money changer di Gianyar, Bali menipu wisatawan asing yang menukarkan uang. Polisi turun tangan mendatangi money changer tersebut.

Dalam video berdurasi 1 menit 25 detik itu tampak seorang wisatawan asing berbaju hitam menukarkan uang ke money changer di pinggir jalan. 

Setelah uang diberikan, pemandu wisata yang mendampingi wisatawan asing itu tiba-tiba marah kepada petugas money changer tersebut. 

Dia kesal karena karyawan money changer berbuat curang dengan memberikan uang dalam jumlah yang kurang.

Wisatawan asing itu menukar uang sebanyak Rp1 juta, namun yang diberikan tak sesuai jumlahnya.

Setelah ditegur, karyawan money changer itu akhirnya memberikan uang yang kurang kepada wisatawan asing.

Viralnya video tersebut membuat polisi turun tangan ke lokasi. Polsek Tegallalang mendatangi money changer yang viral tersebut.

"Sehubungan dengan yang viral di media sosial, sekitar jam 6 sore kita cek dan kami sudah dapatkan identitas karyawannya," ujar Kapolsek Tegallalang AKP I Ketut Sudita, Selasa (9/8/2022). 

Menurut Sudita, money changer itu tidak berizin. Polisi tak segan menutup tempat penukaran mata uang asing ilegal itu untuk menghindari kejadian serupa terulang.

"Untuk menghindari pelanggaran-pelanggaran yang menciderai wisatawan," katanya.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT