Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Pasar Rakyat Gianyar, Sabtu (18/12/2021). (Antara)
Antara

GIANYAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Pasar Rakyat Gianyar. Pasar tersebut digadang-gadang sebagai pasar rakyat termegah di Bali, bahkan Indonesia.

"Pembangunan Pasar Rakyat Gianyar ini sangat baik," kata Koster saat meresmikan pasar tersebut di Gianyar, Sabtu (18/12/2021).

Koster memuji arsitektur Pasar Rakyat Gianyar. Selain itu, bangunan megah ini menggunakan energi bersih ramah lingkungan yakni panel surya.

Menurut Koster, pembangunan Pasar Rakyat Gianyar ini diselaraskan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 45 Tahun 2020 tentang penggunaan energi bersih lingkungan.

Para pedagang nantinya diimbau untuk tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai. Pembeli yang datang pun akan diarahkan untuk membawa tas sendiri.

Bupati Gianyar Made Mahayastra mengatakan, Pasar Rakyat Gianyar dibangun dengan anggaran Rp250 miliar. Dia mengklaim ini sebagai pasar rakyat termahal dan termegah yang pernah dibangun kepala daerah.

"Ini adalah pasar rakyat atau pasar umum atau pasar tradisional termegah di Bali. Bahkan di Indonesia. Jarang ada kepala daerah yang berani membangun pasar dengan anggaran Rp250 miliar," ujarnya.

Mahayastra menjelaskan, Pasar Umum Gianyar telah ada sejak 1771, dan direnovasi pada 1994. Pasar ini telah menjadi ikon Gianyar dan Bali
pada umumnya hingga dikenal mancanegara.

Setelah dilakukan revitalisasi, Pasar Gianyar mampu menampung 1.643 pedagang di los, 95 kios, dan 143 toko. Pengundian lokasi akan berlaku seadil-adilnya kepada seluruh pedagang.

"Para pedagang jangan khawatir kita akan berlaku seadil-adilnya saat pengundian nanti," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT