Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberi keterangan soal rencana kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT G20 di Bali. (Foto akun Youtube Setpres)
Chusna Mohammad

DENPASAR, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan angkat bicara soal rencana kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT G20 di Bali. Dia mengaku masih akan menunggu perkembangan. 

"Kita lihat, kita tunggu, kita tunggu nanti," ujar Luhut di Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/2022). 

Menurutnya, masih terlalu dini mengomentari rencana kedatangan Putin. Sebab KTT G20 akan digelar pada November mendatang.

Dia lalu menegaskan, KTT G20 merupakan forum ekonomi. Tidak ada forum politik dalam konferensi yang rencananya juga dihadiri Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Ditanya apakah Indonesia akan tetap mengundang Presiden Putin pada KTT G20, Luhut kembali menjawab diplomatis.

"Kita lihat saja. Itu kan saya bilang tadi, ini kan forum ekonomi jadi kita lihat," katanya. 

Diketahui, rencana kedatangan Putin ke KTT G20 sempat membuat heboh di tengah derasnya seruan dari beberapa anggota G20 agar Rusia dilarang bergabung dalam blok tersebut.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva telah mengumumkan penguasa negeri beruang merah itu akan datang ke Bali. 

Rencana itu pun memantik reaksi Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Kehadiran Putin di acara internasional dinilainya merupakan suatu penghinaan terhadap demokrasi, martabat manusia dan supremasi hukum.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT