Sejumlah produk industri dalam negeri tampil memukau dalam pameran internasional solusi kebencanaan di Nusa Dua, Bali. (Chusna Mohammad/MNC Portal)
Chusna Mohammad

DENPASAR, iNews.id - Sejumlah produk industri dalam negeri tampil memukau dalam pameran internasional solusi kebencanaan di Nusa Dua, Bali, Senin (23/5/2022). Produk anak bangsa itu telah banyak digunakan saat terjadi bencana di sejumlah daerah. 

"Ini merupakan bentuk konkret kepedulian anak bangsa untuk membantu dalam kaitannya dengan pengurangan risiko bencana," kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai membuka Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (Adexco) 2022.

Menurutnya, produk-produk lokal itu punya peranan vital mengingat Indonesia adalah negara yang menjadi pelanggan bencana karena berada di ring of fire. 

Di pameran itu, Muhadjir meninjau sejumlah produk Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang ada di stan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian.

Salah satunya adalah AMMDes penjernih air. Produk ini telah dimanfaatkan di wilayah Palu, Sigi dan Donggala untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat terkena dampak gempa beberapa waktu lalu.

Ada juga AMMDes pengumpan ambulan telah dimanfaatkan di Kabupaten Lebak, Banten serta tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur, yaitu Timor Tengah Selatan, Sumba Barat Daya, dan Ende.

Ambulans feeder ini telah berguna untuk membantu dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. 

Pada masa pandemi, ambulan pengumpan juga diperbantukan mencegah penyebaran kasus Covid-19  di dalam negeri dengan dialih fungsi sebagai water tank untuk penyemprotan cairan disinfektan.

Direktur Utama Adexco Noury Hetharia mengatakan, pameran ini merupakan program pendamping dalam perhelatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7. 

Dia menjelaskan, pameran bertujuan mendorong lahirnya produk-produk dalam negeri dalam rangka membantu mengurangi risiko bencana.

"Kami ingin negeri ini bisa mencapai ketangguhan bencana sehingga semua siap untuk selamat," kata Noury. 

Ke depannya, lanjut dia, Adexco akan menjadi agenda rutin pameran solusi kebencanaan terbesar di dunia.

"Goal kita adalah bagaimana ke depan Indonesia bisa menjadi pusat solusi kebencanaan," ujarnya. 


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT