Wagub Bali Cok Ace berbincang dengan wisatawan asing dari Perancis tiba di Bandara Ngurah Rai. (Foto: Pemprov Bali)
Antara

BADUNG, iNews.id - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mendatangi Bandara Ngurah Rai terkait keluhan warga negara asing (WNA) soal antrean imigrasi di bandara. Dia memastikan masalah antrean teratasi. 

"Konter imigrasi yang sempat dikeluhkan kemarin, pada hari ini telah dibuka sebanyak 16 konter termasuk tiga konter yang akan disiapkan untuk delegasi G20," kata pria yang akrab disapa Cok Ace ini melalui keterangan tertulis kepada media, Senin (1/8/2022).

Cok Ace mengatakan, masih ada tiga konter lagi yang masih dalam perbaikan. Dia telah menyarankan agar perbaikan cepat selesai mengingat kunjungan wisatawan asing menunjukkan peningkatan.

"Memang barang-barang penumpang kelihatannya masih cukup lama prosesnya antara 30 menit sampai 1 jam. Saya sudah minta dan berharap agar proses menunggu barang penumpang bisa dipercepat," tutur pria yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali ini.

Cok Ace juga menyarankan agar imigrasi di bandara menyediakan kursi khusus untuk disabilitas dan orang tua.

Kedatangan di Bandara Ngurah Rai juga dimanfaatkan Cok Ace untuk bertanya kepada wisatawan asing yang tiba terkait pelayanan di bandara.

Antrean di imigrasi Bandara Ngurah Rai. (Foto: iNews/Bagus Alit)

Dia bertanya kepada wisatawan asing yang baru datang dari Perancis dan mengatakan tidak ada keluhan selama proses kedatangan hingga pengambilan bagasi.

Sebelumnya seorang warga negara asing (WNA) Jerman, Sebastian Powel menulis dalam blog yang menyebut antrean di imigrasi Bandara Ngurah Rai mencapai lima jam.

Belakangan diketahui keterangan itu tidak benar dan hanya berdasarkan cerita dari orang lain.

"Dia hanya menceritakan apa yang diceritakan orang lain. Dia nggak bisa cerita kapan terjadi dan dimana itu terjadi," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu dalam konferensi pers, Minggu (31/7/2022) malam. 

Anggiat mengatakan, imigrasi menelusuri jejak Sebastian saat tiba di Bali. Dari rekaman kamera CCTV diketahui Sebastian tiba dengan penerbangan dari Bangkok, Thailand. 

Sejak turun dari pesawat dan menjalani pemeriksaan dokumen kesehatan serta membayar visa on arrival (VoA) ternyata hanya menghabiskan waktu 53 menit.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT