Begini Suasana Bali Selama Hari Raya Nyepi

iNews Pagi ยท Sabtu, 17 Maret 2018 - 18:05 WIB

DENPASAR, iNews.id - Di Hari Raya Nyepi, Kawasan Wisata Pantai Kuta yang biasanya ramai oleh ribuan wisatawan kini mendadak berubah menjadi lengang. Para wisatawan hanya bisa beraktivitas di dalam hotel. Meski demikian, sejumlah wisatawan mengaku pengalaman Nyepi di Bali merupakan pengalaman yang berkesan dan jarang mereka alami.

Suasana di Jalan Pantai Kuta saat ini begitu hening dan lengang. Tak ada suara riuh wisatawan yang berenang atau bermain ombak dengan berselancar. Tak ada pula suara pedagang di pantai yang kerap menjajakan barang dagangan mereka. Semua hening dan tenang, hanya suara angin, burung yang sesekali terdengar.

Di Hari Raya Nyepi ini seluruh aktivitas termasuk penerbangan di Bandara Ngurah Rai dan aktivitas pelayaran di Pelabuhan Gilimanuk dan Padangbai di hentikan. Sejak pukul 06.00 Wita pagi tadi, sampai besok, Minggu, pukul 06.00 Wita Umat Hindu di Bali melaksanakan upacara barata penyepian, seluruh aktivitas berhenti total.

Pemandangan serupa juga terlihat di Jalan Ahmad Yani, Denpasar Bali. Di lokasi ini, tidak satu pun tampak kendaraan yang melintas. Jalan Ahmad Yani yang berada di jantung Kota Denpasar Bali, tidak pernah luput dari kemacetan. Pasalnya, jalan ini merupakan akses terdekat, dari arah Tabanan menuju pusat Pemerintahan Kota Denpasar.

Namun di Hari Raya Nyepi, jalan tersebut lengang dan tidak satu pun kendaraan di perbolehkan melintas, hanya petugas keamanan yang diperbolehkan mengendarai motor. Untuk menjaga ketertiban, pecalang, atau petugas keamanan adat, pihak kepolisian dan TNI, berjaga-jaga di sepanjang jalan. Toko, dan bahkan pintu gerbang rumah-rumah warga pun ditutup. Gang-gang di sepanjang jalan juga sepi dari aktivitas warga.

Video Editor: Khoirul Anfal

Editor : Dani Dahwilani

Bagikan Artikel: