Wow! Motor Listik Buatan Warga Bali Menang Lomba Inovasi Teknologi di Jerman

Aris Wiyanto ยท Sabtu, 26 September 2020 - 10:22:00 WITA
Wow! Motor Listik Buatan Warga Bali Menang Lomba Inovasi Teknologi di Jerman
Motor listrik Manouv buatan warga Bali (Foto: iNews/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Motor listrik Manouv buatan warga Bali menjadi pemenang dalam ajang lomba inovasi teknologi di Jerman. Motor Manouv keluar sebagai pemenang karena berdampak besar pada pengurangan polusi di dunia jika diproduksi massal.

Motor listrik Manouv buatan anak bangsa dari Kerobokan, Badung ini dapat melaju di jalanan dengan kecepatan hingga 45 kilometer per jam. Sang pembuat, Iwan Sugata mengaku membuat motor listrik karena keprihatinannya akan kemacetan yang selalu terjadi di wilayahnya.

"Indonesia saat ini sudah waktunya memakai kendaraan listrik. Memang itu mahal, makanya kami bikin produk ini yang harganya kurang lebih Rp45 juta," ucap Iwan.

Dia pun membuat motor listrik yang nyaman dan aman bagi pengguna, Harga untuk motor listriknya pun bisa dijangkau masyarakat banyak. Saat ini, motor listrik yang masih tahap prototype ini menghabiskan biaya pembuatan hingga Rp1 miliar.

Untuk menekan harganya agar terjangkau, Iwan mengaku telah bekerja sama dengan perusahaan Jerman dan universitas di Indonesia untuk menyempurnaan Manouv. Jika diproduksi massal, motor buatannya bisa dijual dengan harga dikisaran Rp45 juta.

Dengan harga tersebut, motor listrik buatan Iwan ini sudah memberikan keamanan. Secara desain juga motor listrik ini dilengkapi dengan pintu bak mobil lamborghini.

"Ini ada AC ini ada safety belt ada airbags buat keselamatan, jadi membuat aman," katanya.


Editor : Nani Suherni