WNI Asal Semarang Ikut Rombongan Repatriasi ke Australia

Dewi Umaryati ยท Rabu, 18 Agustus 2021 - 14:03:00 WITA
WNI Asal Semarang Ikut Rombongan Repatriasi ke Australia
Riyana, warga negara Indonesia (WNI) yang ikut dalam rombongan repatriasi warga negara Australia dari Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu (18/8/2021). (Foto: iNews/Dewi Umaryati)

BADUNG, iNews.id - Sebanyak 199 orang dievakuasi dari Bali ke Australia. Tidak hanya warga negara Australia, ada juga warga negara Indonesia (WNI) yang mengantongi izin sebagai permanen resident ikut dalam rombongan repatriasi ini. 

Riyana, seorang warga Semarang, Jawa Tengah menjadi satu dari 199 orang yang kembali ke Australia, untuk menyusul suami dan anaknya. 

"Sejak pandemi, saya sudah nggak pulang (ke Australia) selama 18 bulan. Rencananya mau pulang dari bulan Mei lalu tapi selalu di-cancel, reschedule terus," kata Riyana saat ditemui di Bandara Ngurah Rai, Rabu (18/8/2021).

Sulitnya akses penerbangan udara ke Bali membuat dia harus menempuh perjalanan darat. "Untuk ke Bali ini, saya terpaksa lewat jalur darat supaya cepat pulang ketemu suami dan anak-anak," ucapnya. 

Riyana mengaku, kepulangan ke Australia ini setelah mendapat informasi dari Kedutaan Besar Australia yang ada di Jakarta untuk mendaftarkan diri secara online. 

"Iya, begitu dapat informasi ini dari kedutaan, karena nggak public jadi lewat email, siapa cepat dia yang dapat," kata Riyana.

Editor : Reza Yunanto