Wisatawan Asing Datang ke Bali Wajib Karantina 8 Hari, 35 Hotel Disiapkan

Indira Arri ยท Jumat, 08 Oktober 2021 - 09:08:00 WITA
Wisatawan Asing Datang ke Bali Wajib Karantina 8 Hari, 35 Hotel Disiapkan
Wisatawan asing tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali menggunakan masker. (Foto: iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Wisatawan mancanegara (wisman) yang tiba di Bali tak bisa langsung menuju destinasi wisata. Mereka harus menjalani karantina selama delapan hari.

Karantina tersebut merupakan persyaratan mutlak bagi warga negara asing (WNA) yang tiba di Bali untuk memastikan bebas dari Covid-19.

Untuk menampung para wisman yang datang, sebanyak 35 hotel di Bali telah disiapkan menjadi lokasi karantina.

"Kita sudah punya 35 hotel karantina di Ubud, Nusa Dua, Sanur, dan Kuta," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Jefri Hasurungan Sitorus, Jumat (8/10/2021).

Jefri mengatakan, daya tampung 35 hotel tersebut apabila dimaksimalkan bisa mencapai 8.000 kamar. Namun jumlah itu dirasa belum mencukupi. 

Berdasarkan perhitungan sementara, kedatangan wisman ke Bali diprediksi mencapai 1.500 orang per hari. Dengan demikian harus tersedia setidaknya 12.000 kamar hotel untuk menampung wisman yang datang 

"Sekarang kami coba menambah sekitar 20 hotel lagi. Kita juga sedang siapkan SDM untuk mengawasi hotel karantina," katanya.

Untuk hotel yang ditunjuk sebagai lokasi karantina harus memiliki sertifikasi CHSE dan memiliki kerja sama dengan rumah sakit. Seluruh petugas hotel sudah divaksin dosis lengkap.

Pemerintah memastikan pariwisata Bali untuk wisman akan dibuka. Ditandai dengan pembukaan penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai pada 14 Oktober 2021.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: