Warga Bali Juga Merasakan Getaran Gempa Jepara

Ahmad Antoni, Sunu Hastoro ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 08:49 WIB
Warga Bali Juga Merasakan Getaran Gempa Jepara
Peta Gempa (foto: BMKG)

SEMARANG, iNews.id - Getaran gempa bermagnitudo 6,1 yang mengguncang Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7/2020) pagi ternyata juga dirasakan warga Bali. Wilayah yang turut merasakan getaran gempa yakni di Kabupaten Karangasem, Gianyar dan Kota Denpasar.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menyampaikan, guncangan gempa bumi di Jepara memang dirasakan di berbagai daerah.

Getaran gempa dirasakan di Karangkates, Nganjuk, Yogyakarta, Purworejo, Kuta dan Mataram pada level III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Kemudian dirasakan juga di Denpasar, Malang, Lumajang, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Surabaya, Wonogiri dan Kebumen pada level II-III MMI.

"Guncangan juga dirasakan di Banjarnegara, Pangandaran, Karangasem, Lombok Barat , Garut, Boyolali, Krui, Sekincau, Semaka, Pekalongan, Banyumas, Wonosobo, Magelang, Purbalingga dan Gianyar pada level II MMI," tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/7/2020).

Dia menambahkan, hingga pukul 06.50 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Salah seorang warga Bali yang tinggal di Denpasar, Novian Angga mengaku merasakan gempa itu. 

"Guncangannya terasa, tadi saya di kamar mandi. Kok terasa goyang-goyang, lumayan keras. Tapi tidak ada kerusakan," katanya.


Editor : Reza Yunanto