Warga Bali Diminta Taat Prokes saat Pawai Ogoh-Ogoh Jelang Nyepi

Antara ยท Selasa, 11 Januari 2022 - 18:00:00 WITA
Warga Bali Diminta Taat Prokes saat Pawai Ogoh-Ogoh Jelang Nyepi
Parade ogoh-ogoh di Desa Bongkasa, Abiansemal, Badung, Bali. (Foto: dok iNews)

DENPASAR, iNews.id - Warga Bali diminta menaati protokol kesehatan saat membuat hingga menggelar pawai ogoh-ogoh menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944. Permintaan itu karena Bali membolehkan kembali pawai ogoh-ogoh yang sempat dilarang karena pandemi.
 
"Terlebih bapak gubernur juga telah mengeluarkan surat terkait penegasan pembuatan dan pawai ogoh-ogoh dalam menyambut Nyepi tahun ini," kata Manggala Agung (ketua) Pasikian Pecalang Bali I Made Mudra di Denpasar, Selasa (11/1/2022).

Dia mengatakan, dalam surat tersebut berisi perihal keamanan. Pecalang sebagai petugas pengamanan adat akan memberikan pengamanan saat yowana di desa adat hingga tingkat kabupaten/kota melakukan kegiatan pawai atau lomba.

Menurut Mudra, Gubernur Bali juga sudah berpikir bijaksana di masa pandemi ini dengan memberikan ruang kreativitas kepada generasi muda untuk berkesenian dengan membuat ogoh-ogoh dan telah menjadi perayaan budaya menjelang Hari Nyepi.

"Atas hal ini, kami di Pasikian Pecalang Bali tetap mengajak generasi muda atau yowana untuk ikut waspada selama berkegiatan ogoh-ogoh dengan cara menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Dia mengingatkan pembuatan dan pawai ogoh-ogoh menimbulkan klaster baru, karena pandemi ini belum usai meskipun kondisi sudah melandai.

"Agar pembuatan dan pawai ogoh-ogoh ini berjalan dengan aman di setiap desa adat di Bali, ia telah melakukan koordinasi dengan pasikian yowana kabupaten/kota se-Bali," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: