Wali Kota Rai Mantra Bangga Masuknya Tenun Gringsing Bali di Uang Rp75.000

Dewi Umaryati · Kamis, 20 Agustus 2020 - 09:38:00 WITA
Wali Kota Rai Mantra Bangga Masuknya Tenun Gringsing Bali di Uang Rp75.000
Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra saat menerima Uang Pecahan Rp75.000 dari Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho di Denpasar (Foto : Humas Pemkot Denpasar)

DENPASAR, iNews.id – Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra bangga dengan tampilnya karya kerajinan khas Bali motif tenun Gringsing di uang uang baru nominal Rp75.000. Hal tersebut bentuk wujud harmonisasi keberagaman menuju Indonesia Maju.

“Masyarakat Bali, khususnya saya, sangat bangga Tenun Gringsing sebagai karya kerajinan khas Bali ada di uang Rp 75.000. Tentu ini dapat sebagai ajang memperkenalkan Tenun Gringsing yang lebih luas lagi,” katanya di Denpasar, Rabu (19/8/2020).

Menurut Rai Mantra, motif tenun Gringsing khas Bali memiliki nilai yang tinggi, karena kekhasannya ini tidak akan ditemui di kain motif manapun. “Uang pecahan Rp 75.000 juga momentum bersejarah menyitakan kebhinekaan dan rasa optimis Indonesia maju,” katanya.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan, tema yang tampil di uang baru ini, untuk mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan.

Selain menggambarkan keagungan, keanggunan dan kesucian dari kekayaan Indonesia, pemilihan tenun Indonesia sekaligus bentuk jajaran Bank Indonesia ingin mengapresiasi kepada Bali dengan kebudayaan, tradisi serta kerajinannya yang khas dan unik.

“Tekad optimis Indonesia menyongsong masa depan gemilang, digambarkan dengan Sembilan orang berpakaian adat, merupakan Sumber Daya Manusia unggul Indonesia,” kata Trisno.

Ada juga ikon pembangunan berupa MRT dan Jembatan yang menggambarkan capaian Indonesia dalam pembangunan selama 75 tahun ini.

Khusus untuk Bali, Bank Indonesia memberi kuota lebih dari satu juta lembar, untuk masyarakat yang ingin menukar dan memiliki uang keluaran baru ini.

Caranya cukup mudah, dengan pemesanan dan memilih lokasi dan tanggal penukaran UPK secara online melalui https://pintar.bi.go.id sampai bulan September. Dan mulai 2 Oktober dapat diakses di Bank Umum lainya di seluruh Indonesia.

Editor : Dewi Umaryati

Bagikan Artikel: