Viral Video Angin Puting Beliung di Laut Buleleng Bali, Begini Kata BMKG

Chusna Mohammad ยท Senin, 15 November 2021 - 21:28:00 WITA
Viral Video Angin Puting Beliung di Laut Buleleng Bali, Begini Kata BMKG
Tangkapan layar angin puting beliung di perairan Buleleng, Bali. (Foto: ist)

DENPASAR, iNews.id - Angin puting beliung muncul di perairan Buleleng, Bali, Senin (15/11/2021). Angin yang bergulung-gulung itu terjadi saat umat Hindu sedang menggelar upacara agama. 

Video kejadian itu menjadi viral di media sosial. "Melihat lebih jelas fenomena angin puting beliung di kawasan Pura Dalem Puri Kubutambahan, Buleleng," tulis akun Punapi Bali. 

Dalam tayangan video itu, tampak warga sedang menggelar upacara agama di pura yang lokasinya persis di berada tepi pantai. Cuaca ketika itu diselimuti mendung tebal dan gelap. 

Tiba-tiba dari tengah laut muncul angin puting beliung. Warga yang ketika itu masih berada di pura segera berdiri. Sebagian dari mereka lalu melambaikan tangannya mengarah ke depan. 

Mereka seperti berusaha meminta agar fenomena alam itu tidak mendekat ke pura. Upaya itu pun berhasil. Angin puting beliung itu pun berlalu menjauhi pura. 

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar Dwi Hartanto mengatakan, fenomena yang terjadi di laut Bali utara itu adalah waterspout. "Memang akan sering terjadi pada musim pancaroba dan musim hujan," katanya. 

Dia menjelaskan, waterspout adalah istilah untuk angin puting beliung yang terjadi di laut dan perairan. "Warga diimbau menjauh dan tidak mendekati karena berbahaya," ujar Hartanto. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: