Viral Foto Yoga Massal saat Pandemi Covid-19, Bupati Gianyar Panggil Pelaksana Kegiatan

Nyoman Astana ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 17:55 WIB
Viral Foto Yoga Massal saat Pandemi Covid-19, Bupati Gianyar Panggil Pelaksana Kegiatan
alah satu foto kegiatan yoga massal di House of Om Bali di Gianyar, Bali, pada 18 Juni lalu, yang viral di media sosial dan mendapat kecaman dari netizen. (Foto: Instagram)

GIANYAR, iNews.id – Foto-foto yoga massal yang diselenggarakan oleh House of Om Bali di Gianyar, pada Kamis (18/6/2020) 2020 lalu viral di media sosial. Banyak netizen mengecam dan menyayangkan kegiatan itu karena diikuti banyak orang di tengah pandemi Covid-19 dan peserta juga tidak memakai masker.

Bupati Gianyar I Made Mahayastra pun memanggil pemilik House of Om Bali Wissam Berakeh. Dia memberikan peringatan keras kepada laki-laki asal Suriah tersebut agar tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Diketahui, Wissam sudah tiga tahun tinggal di Bali dan menekuni spiritual yoga.

I Made Mahayastra mengatakan, sejak mendapat laporan perihal yoga massal yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19, pihaknya langsung berkoordinasi dengan desa adat dan Satgas Covid-19 Kabupaten Gianyar untuk memanggil pemilik House of Om Bali. Apalagi, kegiatan itu juga mendapat atensi dari gubernur Bali.

“Saya menyampaikan kepada staf Gugus Tugas Covid-19 untuk memanggil penanggung jawab dari kegiatan ini. Hari ini sudah datang dan pengelolanya kooperatif. Pak Wissam dari Suriah yang sudah tiga tahun di Bali dan menekuni spiritual yoga,” kata I Made Mahayastra, usai pertemuan, Selasa (23/6/2020).

I Made Mahayastra mengatakan, dari pertemuan itu, Wissam Berakeh telah menyampaikan klarifikasi. Dirinya tidak sedikit pun berniat untuk melaksanakan kegiatan yang melanggar protokol kesehatan Covid-19. Wissam mengaku awalnya menyampaikan undangan terbatas untuk kegiatan yoga tersebut, namun yang datang melebihi undangan.

“Ternyata yang diundang datang mengajak teman-teman dalam jumlah yang besar. Mereka juga terkejut sehingga kita maklum,” ujarnya.

Namun, Pemkab Gianyar tetap memberikan peringatan keras kepada penanggung jawab kegiatan yoga massal tersebut agar tidak lagi menggelar kegiatan serupa, di tengah pandemi Covid-9. Sebab, tindakannya melanggar aturan protokol Covid-19 yang telah dikampanyekan pemerintah terus-menerus.

“Kita kasih warning tadi. Kita pastikan, sekali lagi ada pelanggaran, apapun alasannya, kami pastikan kami tindak tegas,” ujar I Made Mahayastra.

Sementara pemilik House of Om Bali Wissam Berakeh mengakui bahwa kegiatan yoga massal tersebut terjadi di tempatnya pada 18 Juni 2020. Namun, pihaknya tidak memiliki maksud untuk menyalahi aturan protokol kesehatan Covid-19.

Dia berdalih bahwa kegiatan yoga tersebut merupakan acara amal pengumpulan dana atau donasi. Nantinya dana yang dikumpulkan akan dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Instruktur yoga ini juga meminta maaf atas kejadian tersebut. Dia tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi atau menggelar kegiatan menyalahi aturan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Saya minta maaf atas apa yang terjadi pada 18 Juni. Sebenarnya kami tidak bermaksud seperti itu. Tapi yang terjadi sudah terjadi dan itu kesalahan. Kami minta maaf kepada masyarakat Bali, orang-orang. Kami berjanji tidak mengulanginya walaupun tujuan kami baik. Kami bisa melakukan dengan cara lain, tolong maafkan saya. Saya cinta Bali,” kata Wissam.


Editor : Maria Christina