Usai Meliput Jokowi, Kapal Pengangkut Wartawan Istana Terbalik di Labuan Bajo

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 13:15 WIB
Usai Meliput Jokowi, Kapal Pengangkut Wartawan Istana Terbalik di Labuan Bajo
Kapal pinisi wisata yang membawa sejumlah wartawan terbalik dihantam ombak di Labuan Bajo, Kabupaten Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (21/1/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Sebuah kapal yang ditumpangi 6 wartawan Istana Presiden terbalik di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa (21/1/2020). Semua penumpang selamat.

Kapal yang ditumpangi mereka KM Plataran Bali Phinisi dengan kapasitas penumpang hanya 8 orang saja.

Salah satu wartawan yang ada dalam kejadian, Desca Lidya Natalia mengatakan, peristiwa terjadi pada Selasa siang.

"Tiba-tiba kenceng gitu ombak gede, trus kayak itungan detik benar-benar terbalik semuanya," katanya ketika dihubungi dari Jakarta.

Dia menceritakan, saat itu posisi kapal berada di tengah laut dalam perjalanan mau kembali ke pantai.

"Sekarang sudah di pelataran pantai, lagi nunggu ambulans belum datang-datang," ujarnya.

Dia mengatakan, rombongan wartawan yang berlayar dengan kapal pinisi itu adalah para jurnalis yang ikut meliput kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Labuan Bajo. Pada saat kejadian, Presiden Jokowi sudah terbang kembali ke Ibu Kota.

“Presiden sudah TO (take off/lepas landas) ke Jakarta,” kata Desca.

Terkait peristiwa itu, BPBD Kabupaten Manggarai Barat, NTT menyampaikan, insiden kapal terbalik di Labuan Bajo terjadi pada Pukul 11.20 Wita atau 12.20 WIB.

“Lokasi kapal tenggelam berdekatan dengan Pulau Bidadari Labuan Bajo. Seluruh penumpang dan ABK selamat. Penyebab kejadian kemungkinan akibat gelombang tinggi,” kata BPBD dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Selasa (21/1/2020).


Editor : Reza Yunanto