Universitas Udayana Perpanjang Kuliah Online hingga 4 April

Antara ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 19:45 WIB
Universitas Udayana Perpanjang Kuliah Online hingga 4 April
Ilustrasi mahasiswa (dok inews.id)

DENPASAR, iNews.id - Kebijakan kuliah dan kerja online di Universitas Udayana (Unud), Bali yang semula 23-28 Maret 2020, diperpanjang sampai dengan 4 April 2020. Hal ini sesuai dengan imbauan Gubernur Bali terkait pembatasan aktivitas warga demi mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

"Kebijakan kuliah dan bekerja online di Universitas Udayana merupakan bagian dari kebijakan pencegahan perkembangan dan penyebaran COVID-19. ," kata Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 di Unud, Prof. Ida Bagus Wyasa Putra di Denpasar, Jumat (27/3/2020).

Perpanjangan itu tertuang melalui surat edaran Rektor Unud Nomor 3/UN14/SE/2020.

Surat itu menegaskan upaya pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di lingkungan Universitas Udayana berjalan maksimal.

Menurutnya, kebijakan itu telah dilaksanakan dengan baik oleh seluruh civitas Universitas Udayana

Selama proses belajar mengajar secara online ini berlangsung, dosen diberi kebebasan untuk menentukan sistem yang digunakan.

Proses belajar mengajar baik dengan menggunakan sistem yang sudah dimiliki Universitas Udayana (WEBEX) maupun sistem di luar itu, seperti: google classroom, Whatsapp, email, dan moda online lainnya.

"Bahkan ujian seperti skripsi, tesis, dan disertasi juga telah dilaksanakan secara online," katanya.

Untuk pelayanan administrasi, kata dia, Unud sudah menggunakan berbagai aplikasi yang telah dibangun sebelumnya dalam rangka pelayanan yang lebih murah, sederhana, dan cepat.

"Untuk surat-menyurat misalnya, Udayana menggunakan SIRAISA, sistem penerimaan, disposisi, dan proses pelaksanaan surat lebih jauh. Seluruh proses berlangsung sebagaimana biasa," katanya.


Editor : Reza Yunanto