UN Tahun 2020 Ditiadakan, Begini Penjelasan Jubir Istana

Felldy Utama ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 14:24 WIB
UN Tahun 2020 Ditiadakan, Begini Penjelasan Jubir Istana
Jubir Presiden Fadjroel Rachman (Foto Ist)

JAKARTA, iNews.id - Dampak meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia, pemerintah meniadakan Ujian Nasional (UN) Tahun 2020. Keselamatan dan kesehatan peserta didik jadi alasan utama.

"Seperti yang disampaikan bahwa sistem respons Covid-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha," ujar Juru Bicara Kepresidenan, Fadjroel Rachman di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Menurut Fadjroel, peniadaan UN tersebut berlaku untuk jenjang tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkat Madrasah Aliyah (MA).

Berikutnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau setingkat Madrasah Tsnawiyah (MTs), dan Sekolah Dasar (SD) atau setingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Dikatakan Fadjroel, peniadaan UN bentuk penerapan kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong rantai penyebaran virus Corona.

"Kebijakan peniadaan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga dalam penerapan perilaku social distancing, yaitu kerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah," katanya.


Editor : Reza Yunanto