Umat Hindu Gelar Ritual Tolak Bala Virus Korona di Pelabuhan Padangbai

Yunda Ariesta ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 13:20 WIB
Umat Hindu Gelar Ritual Tolak Bala Virus Korona di Pelabuhan Padangbai
Umat Hindu di Bali menggelar ritual tolak bala Nangluk Mrana di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Rabu (29/1/2020). (Foto: iNews.id/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id – Ratusan umat Hindu di Kabupaten Karangasem, Bali menggelar upacara Nangluk Mrana di Pelabuhan Padangbai. Upacara ini adalah ritual tolak bala agar virus korona tidak sampai masuk ke Bali.

Upacara Nangluk Mrana digelar di Pura Penataran Agung di kawasan Pelabuhan Padangbagi, Kabupaten Karangasem, Rabu (29/1/2020) sore.

“Upacara ini bermakna membangun benteng spiritual dari ancaman virus mematikan tersebut. Mewaspadai, berdoa agar terhindar dari malapetaka yang ada,” kata Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Dia mengatakan, ritual diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem sebagai bentuk kewaspadaan, dan agar warga berdoa untuk terhindar dari malapetaka.

Dalam upacara itu, ratusan umat Hindu dari berbagai wilayah di Karangasem ikut memenuhi Pura Penataran Agung.

Upacara sengaja digelar di kawasan pelabuhan sebagai simbol pintu masuk virus yang datangnya dari luar wilayah pulau Bali.

“Supaya diberi benteng spiritual agar semua bahaya tidak masuk ke Karangasem,” kata ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Karangasem, Nengah Rustini.

Dia menambahkan, upacara ini rutin digelar oleh warga Hindu di Bali, terutama saat menghadapi wabah penyakit.

Ritual upacara diakhiri dengan prosesi Nunas Wasuh dengan air suci yang telah diberkati, sebagai simbol anugerah dewa yang berada di Pura Penataran Agung.


Editor : Reza Yunanto