Terminal Mengwi Akan Dirombak, Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Rp35 Miliar

Bagus Alit ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 09:55 WITA
Terminal Mengwi Akan Dirombak, Pemerintah Pusat Kucurkan Dana Rp35 Miliar
Ilustrasi keberangkatan salah satu bus di Terminal Mengwi, Badung, Bali. (Foto: Antara/Ayu Khania Pranisitha)

BADUNG, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merombak Terminal Mengwi di Kabupaten Badung, Bali. Untuk melakukan perombakan itu, pemerintah pusat telah mengucurkan dana Rp35 miliar.

Perombakan itu dilakukan mulai tahun ini hingga 2021 dengan menargetkan perombakan di lobi terminal, ruang tunggu penumpang, dan pintu keluar.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Mohamad Rizal Wasal mengatakan, perombakan Terminal Mengwi bagian dari modernisasi terminal dan angkutan agar masyarakat kembali tertarik menggunakan transportasi publik.

"Sehingga masyarakat nantinya tertarik menggunakan transportasi umum dibanding kendaraan pribadi saat bepergian," tuturnya saat melakukan monitoring di Terminal Mengwi, Senin (3/8/2020).


Menurutnya, perombakan akan diutamakan pada perbaikan pelayanan dan keindahan Terminal Mengwi, agar memiliki daya tarik memancing masyarakat memanfaatkan fasilitas di terminal bus terbesar di Bali ini. Keberadaan terminal nantinya dirancang bukan saja sebagai tempat bepergian dan kedatangan penumpang, tapi juga untuk berkarya bagi anak muda di Bali.

"Ke depan Terminal Mengwi akan disulap menjadi semacam pusat seni yang memajang beragam kerajinan khas Bali," ujarnya.

Dia mengatakan, melalui perubahan paradigma tersebut, maka anak muda akan lebih tertarik menggunakan transportasi publik sehingga Bali bisa kembali dikenal dengan tranpostasi daratnya.

Menurut informasi, perombakan Terminal Mengwi akan dikerjakan secara bertahap selama dua tahun. Pada 2020 ini direalisasikan anggaran Rp15 miliar. Kemudian pada 2021 Dengan akan dicairkan anggaran lanjuta Rp20 miliar lagi.


Editor : Reza Yunanto