Tahapan Pilkada Badung Dimulai, KPUD Minta Bupati Cairkan Dana Hibah Tepat Waktu

Antara ยท Sabtu, 28 Desember 2019 - 11:18 WIB
Tahapan Pilkada Badung Dimulai, KPUD Minta Bupati Cairkan Dana Hibah Tepat Waktu
Pilkada serentak 2020 (dok iNews.id)

BADUNG, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Badung mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung untuk merealisasikan pencairan dana hibah penyelenggaraan Pilkada 2020 tepat waktu. Permintaan tersebut agar proses tahapan Pilkada berjalan dengan lancar.

Untuk pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Badung, sebelumnya telah disepakati dana hibah Pilkada dengan nilai total sebesar Rp29,2 miliar.

Dana hibah itu dicairkan dalam tiga termin yakni untuk termin pertama pada tanggal 21 Oktober 2019 sebesar Rp 1 miliar, kemudian termin kedua jadwalnya pada tanggal 3 Februari 2020 sebesar Rp25 miliar, dan termin ketiga pada tanggal 18 Agustus 2020 sebesar Rp3,2 miliar.

Karena itu, KPU Badung mengingatkan agar pencairan dana hibah termin kedua pada tahun 2020 dapat dilakukan sesuai dengan jadwal pada naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).

"Kami ucapkan terima kasih atas kerja sama dan fasilitasi Pemkab Badung sehingga kegiatan menyangkut tahapan pilkada di Kabupaten Badung pada tahun 2019 telah dapat terlaksana dengan baik," kata Ketua KPUD Badung, I Wayan Semara Cipta di Rumah Jabatan Bupati Badung, Mangupura, Jumat (27/12/2019) malam.

Atas permintaan itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memastikan bahwa pihaknya akan mendukung setiap kewenangan KPUD Badung dalam pelaksanaan Pilkada 2020, serta menjamin ketersediaan anggaran sebagaimana telah disepakati dalam NPHD.

Pada kesempatan tersebut, KPU Kabupaten Badung juga menyampaikan Piagam Penghargaan kepada Bupati dan Wakil Bupati Badung terkait dengan terselenggaranya Pemilihan Umum 2019 dengan lancar dan damai sekaligus memberikan Jaket Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2020.

Hal ini dimaksudkan tetap terjalinnya sinergitas antara KPU Kabupaten Badung dan Pemerintah Kabupaten Badung demi terlaksananya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2020 yang aman dan lancar.

Di akhir pertemuan, Bupati dan Wakil Bupati Badung berkesempatan memakai langsung Jaket Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung 2020 yang berisikan tagline Pemilih Berdaulat Negara Kuat serta tanggal pelaksanaan pada tanggal 23 September 2020.


Editor : Reza Yunanto