Gubernur Wayan Koster Siapkan Lumbung Pangan, Jaga Stok Beras Murah Selama Pandemi

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 11:21 WITA
Gubernur Wayan Koster Siapkan Lumbung Pangan, Jaga Stok Beras Murah Selama Pandemi
Gubernur Wayan Koster menyerahkan bantuan untuk kelompok lumbungan pangan padi., Kamis (25/6/2020). (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster menyiapkan program Lumbung Pangan Masyarakat. Program itu untuk menjaga ketersediaan beras untuk warga Bali di masa pandemi Covid-19 dengan harga murah dan terjangkau.

"Agar ketersediaan beras terjamin sepanjang tahun dan merata pada seluruh wilayah dan seluruh krama (warga) Bali, dilaksanakan kegiatan pengembangan Lumbung Pangan untuk cadangan beras masyarakat," ujar Koster di Rumah Jabatan Jayasabha, Denpasar, Kamis (25/6/2020).

Koster mengatakan, salah satu unsur program ketahanan pangan itu melalui lumbung-lumbung pangan yang harus dihidupkan dan direvitalisasi kembali, lalu diberdayakan sebagai satu lumbung untuk menampung produk-produk pertanian di Bali.

Program pengembangan Lumbung Pangan ini sesuai dengan visi misi "Nangun Sat Kerthi Loka Bali" melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru.

"Jadi ini akan kita galakkan di Bali sebagai lumbung yang merupakan kearifan lokal masyarakat kita warisan dari para penglingsir (tetua) kita di zaman dahulu," ujar mantan anggota DPR dari Bali tiga periode ini.

Koster menyerahkan bantuan kepada 12 kelompok Lumbung Pangan dari sejumlah wilayah di Bali. Bantuan itu, kata Koster, ditujukan untuk memperkuat peran Lumbung Pangan Masyarakat yang diberdayakan sebagai lembaga untuk mendukung program ketahanan pangan di provinsi Bali.

"Beras sebagai pangan pokok masyarakat harus tersedia sesuai jumlah dan waktu kebutuhan serta terjangkau," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto