Sepekan Tak Melaut karena Cuaca Buruk, Nelayan di Bali Kini Panen Tongkol

Yunda Ariesta ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 14:50 WIB
Sepekan Tak Melaut karena Cuaca Buruk, Nelayan di Bali Kini Panen Tongkol
Nelayan di Kabupaten Karangasem, Bali panen hasil tangkapan ikan tongkol. (iNews.id/Yunda Ariesta)

KARANGASEM, iNews.id - Sepekan tak melaut karena cuaca buruk dan gelombang pasang di Selat Lombok, sejumlah nelayan di Kabupaten Karangasem, Bali kini bisa kembali ke laut. Bahkan mereka panen tangkapan berupa ikan tongkol yang melimpah.

Hal itu dialami nelayan di Ujung Pesisi, Kabupaten Karangasem. Selama cuaca buruk dan gelombang pasang melanda Selat Lombok, para nelayan hanya berdiam diri dan menghabiskan waktu untuk memperbaiki kapal serta jaring untuk menjala ikan.

Rabu (22/7/2020) dini hari tadi, mereka mulai melaut setelah gelombang laut kembali normal. Pulang dari melaut di siang hari, sejumlah nelayan mendapat hasil tangkapan yang melimpah, terutama ikan tongkol.

"Sudah dua hari ini bisa melaut. Hasilnya lumayan," kata Muzakir, salah satu nelayan ditemui di pesisir pantai, Rabu (22/7/2020).

Di tengah pandemi yang juga melanda Kabupaten Karangasem, nelayan di Ujung Pesisi mengaku tak terlalu terkena dampaknya. Tangkapan ikan tongkol mereka habis terjual. Selain masih dalam kondisi segar, haraganya pun terbilang murah.

Sejumlah nelayan bersama keluarganya memasarkan langsung ikan tongkol tangkapan melaut di pinggir-pinggir jalan. Ada pula yang dibeli pengepul untuk dipasarkan di luar Karangasem.


Editor : Reza Yunanto