Senator Bali Made Mangku Pastika Dorong Penggunaan Cadangan Beras Hadapi Pandemi Covid-19

Antara ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 18:22 WIB
Senator Bali Made Mangku Pastika Dorong Penggunaan Cadangan Beras Hadapi Pandemi Covid-19
Senator Bali Made Mangku Pastika dalam penyerapan aspirasi secara virtual. (Antara)

DENPASAR, iNews.id - Anggota DPD Made Mangku Pastika mendorong kepala daerah di Bali tak ragu menggunakan cadangan beras menghadapi pandemi Covid-19. Menurutnya cadangan beras yang dimiliki Bali mencukupi untuk kebutuhan warga yang membutuhkan bantuan.

"Untuk cadangan beras pemerintah itu, gubernur punya jatah 200 ton dan bupati atau wali kota masing-masing 100 ton," kata Pastika saat menyerap aspirasi warga Bali yang dilakukan secara virtual bertajuk di Denpasar, Kamis (28/5/2020).

Pastika menuturkan, beras cadangan pemerintah bisa dikeluarkan kapan saja dalam keadaan tanggap darurat bencana. Karena pemerintah pusat telah menetapkan pandemi Covid-19 ini sebagai bencana nasioal, maka kepala daerah di Bali bisa memanfaatkan cadangan beras tersebut.

"Jangan sampai ada orang Bali nggak bisa makan. Di mana saja yang kurang, bisa disuplai gubernur dan wali kota," ujar mantan Gubernur Bali dua periode ini.

Sementara itu Kepala Bulog Divisi Regional Bali Suhardi mengatakan, untuk memenuhi ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19, pemerintah memang harus hadir. Karena itu dibutuhkan sinergi antarinstansi.

Menurut Suhardi, cadangan beras pemerintah dapat dikeluarkan ketika terjadi kerawanan pangan, maupun dalam tanggap darurat bencana. Gubernur memiliki jatah cadangan beras sebanyak 200 ton dan masing-masing bupati serta wali kota sebanyak 100 ton.

"Khusus untuk Bali, saat ini jumlah stok beras tersedia di Bulog sebanyak 6.400 ton yang tersebar di gudang-gudang Bulog di sembilan kabupaten/kota di Pulau Dewata," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto