3 Warga Bali Selesai Diobservasi di Natuna Siap Dipulangkan Besok

Antara ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 12:38 WITA
3 Warga Bali Selesai Diobservasi di Natuna Siap Dipulangkan Besok
238 WNI yang diobservasi di Natuna, Kepri. (Foto: Antara)

DENPASAR, iNews.id – Sebanyak 3 warga Bali yang menjalani observasi terkait virus korona di Kepulauan Natuna siap dipulangkan. Pemulangan ketiganya menurut jadwal dilakukan Sabtu (15/2/2020).

Terkait pemulangan ketiganya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali tidak mempersiapkan penjempuan khusus. Pemulangan akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Kemenkes yang akan memulangkan hingga ke rumahnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali, Ketut Suarjaya di Denpasar, Kamis (14/2/2020).

Suarjaya mengatakan, Dinkes tidak menyediakan penjemputan khusus untuk kepulangan 3 warganya itu.

Menurut Suarjaya, dengan telah melewati masa inkubasi 14 hari dan semuanya dalam kondisi baik-baik saja, berarti ketiga orang itu dinyatakan sehat. Ketiganya berarti terbebas dari kemungkinan dugaan terjangkit virus korona.

"Tidak ada yang istimewa, mereka sudah diisolasi pulang, dan sehat,” katanya.

Karena itu, kata dia, tidak ada penjemputan khusus yang disiapkan Dinkes Bali untuk ketiga orang itu.

“Sama dengan kita yang bepergian kemana, emang pemerintah menjemput kita?" ujar Suarjaya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, 238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China sudah bisa dipulangkan jika masa observasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau telah selesai.

"Tanggal 15 (Februari)," kata Terawan.

Terawan mengatakan, semua WNI yang menjalani observasi di Natuna dalam kondisi sehat, tidak ada yang terserang virus korona.


Editor : Reza Yunanto