Sasar 463 Titik, Kodam IX Udayana Bantu Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Antara ยท Kamis, 17 September 2020 - 16:17 WITA
Sasar 463 Titik, Kodam IX Udayana Bantu Pendisiplinan Protokol Kesehatan
Aparat TNI tertibkan protokol kesehatan pengunjung kafe di Bali (Foto: Korem 163/Wira Satya Denpasar)

DENPASAR, iNews.id - Kodam IX Udayana akan membantu Pemerintah Provinsi Bali untuk mendisiplinkan masyarakat agar patuh protokol kesehatan. Personel Kodam IX Udayana akan diturunkan di 463 titik yang menjadi prioritas pendisiplinan protokol kesehatan.

"Kami akan melaksanakan operasi yustisi dan penindakan disiplin serta melaksanakan pembinaan teritorial dengan jumlah total sasaran prioritas 463 titik," kata Pangdam IX Udayana, Mayjen Kurnia Dewantara di Denpasar, Kamis (17/9/2020).

Dalam operasi tersebut, personel Kodam IX Udayana bekerja sama dengan Polda Bali dan Pemprov Bali.

Sebanyak 463 titik yang menjadi prioritas pendisiplinan itu terdiri atas 33 fasilitas umum, 97 tempat ibadah, 107 tempat wisata, dan 230 pusat perbelanjaan.

Menurutnya tindakan pendisiplinan itu dengan tetap mengedepankan tindakan pencegahan. Bila diperlukan baru dilakukan tindakan represif berupa penegakan hukum.

Dia mengatakan, pendisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan tak terlepas dari arahan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang mendapat tugas khusus menangani Covid-19 di wilayah prioritas, termasuk Bali.

Kodam IX Udayana telah menggelar koordinasi melalui teleconference dengan Luhut. Luhut menargetkan mengubah perilaku masyarakat agar mencerminkan protokol kesehatan, penurunan kasus harian, peningkatan recovery rate dan penurunan mortality rate serta penurunan absolute mortality.


Editor : Reza Yunanto