RSUP Sanglah Rawat 15 Pasien Anak Terpapar Covid-19

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 14:28 WIB
RSUP Sanglah Rawat 15 Pasien Anak Terpapar Covid-19
RSUP Sanglah Denpasar Bali. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNews.id - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah di Denpasar, Bali merawat 15 pasien anak yang positif terjangkit Covid-19. Pasien anak yang terjangkit virus corona ditangani secara khusus di ruang terpisah dari pasien anak lainnya.

"Sampai Juni ini ada 115 orang suspek, sedangkan yang terkonfirmasi 15 dan 100 orang lainnya tidak. Terkonfirmasi itu dari hasil swab dua kali berturut-turut," kata Ketua Kelompok Staf Medis Ilmu Kesehatan Anak RSUP Sanglah, Ketut Ariawati di Denpasar, Jumat (24/7/2020).

Dia menjelaskan, ada beragam usia pasien anak yang terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUP Sanglah. Dari anak berusia belum genap satu tahun, sampai usia lebih dari 10 tahun.

"Untuk yang berusia kurang dari 1 tahun ada tiga orang. Kemudian usia 1-3 tahun ada satu orang. Usia 3-10 tahun ada enam orang, dan lebih dari 10 tahun ada lima orang," tuturnya.

Pasien anak yang terkonfirmasi positif Covid-19 dirawat dia Ruang Nusa Indah. Penanganan pasien anak positif Covid-19 itu dilakukan oleh spesialis khusus yang bernama subspesialis respirologi.

"Namun ketika pasien itu negatif maka akan dipindahkan ke ruangan yang sudah ditentukan, baik Ruang Cempaka maupun Ruang Pudak yang memang khusus anak," ujarnya.

Dia mengingatkan, pada awal penularan Covid-19 di Bali, anak-anak tidak terkena virus ini karena punya imun kompeten. Namun belakangan hal itu tidak terbukti karena Covid-19 sifatnya dinamis. Bahkan bayi yang baru lahir pun berpotensi terjangkit Covid-19 dari ibu yang positif.

"Kita simpulkan Covid ini tidak mengenal usia. Semua bisa terdampak, baik anak-anak dan dewasa," katanya.


Editor : Reza Yunanto