Ribuan Botol Hand Sanitizer Produksi Universitas Udayana Dibagikan ke Desa-Desa di Bali

Antara ยท Jumat, 04 September 2020 - 18:24:00 WITA
Ribuan Botol Hand Sanitizer Produksi Universitas Udayana Dibagikan ke Desa-Desa di Bali
Rektor Universitas Udayana, Prof AA Raka Sudewi menyerahkan hand sanitizer ke perwakilan desa di Bali, Jumat (4/9/2020). (Humas Unud)

DENPASAR, iNews.id - Universitas Udayana, Bali memroduksi ribuan botol hand sanitizer berbagai ukuran. Cairan pembunuh kuman di tangan itu dibagikan sejumlah desa di Bali melalui mahasiswa relawan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

"Hand sanitizer ini produksi Unud sendiri yang formulanya dibuat di Laboratorium Forensik oleh tim dari Prodi Farmasi Fakultas MIPA," kata Ketua LPPM Universitas Udayana, I Gde Rai Maya Temaja dalam keterangan pers di Denpasar, Jumat (4/9/2020).

Dia mengatakan, kandungan dalam hand sanitizer ini dinilai mampu membunuh kuman, bakteri, dan virus, sehingga saat ini menjadi kebutuhan pokok masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk hand sanitizer dan disinfektan yang telah diproduksi kemudian didistribusikan kepada desa-desa di Provinsi Bali untuk dapat digunakan masyarakat. Adapun tiga perwakilan desa yang diberikan yaitu Desa Ungasan, Desa Pecatu, dan Desa Jimbaran," ujarnya.

Sementara itu, Universitas Udayana melalui LPPM dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menerjunkan 3.857 orang mahasiswa sebagai relawan untuk menyosialisasi dan edukasi protokol kesehatan ke desa-desa.

"Ini merupakan lanjutan pelaksanaan KKN, di mana mahasiswa Unud menjadi relawan penegak disiplin protokol kesehatan di masyarakat. Mulai dulu dari civitas akademika, kemudian mengingatkan kepada masyarakat," ucapnya.

Hand sanitizer yang dibagikan terdiri atas dua kemasan yakni 1.700 botol ukuran 500 mililiter dan 850 botol ukuran 1 liter. Selain membagikan hand sanitizer, Unud juga membagikan cairan disinfektan kemasan 20 liter sebanyak 170 botol.


Editor : Reza Yunanto