Remaja di Bali Ajak Kekasih Mencuri, Gasak Perhiasan hingga Kotak Amal

Muhammad Muhyiddin ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 18:58 WIB
Remaja di Bali Ajak Kekasih Mencuri, Gasak Perhiasan hingga Kotak Amal
Polresta Denpasar menangkap sepasang kekasih yang mencuri di sebuah rumah dan menggasak sejumlah barang senilai Rp40 juta. (iNews.id/Muhammad Muhyiddin)

DENPASAR, iNews.id - Seorang remaja pria di Bali mengajak kekasihnya melakukan pencurian di sebuah rumah. Dalam aksinya itu, keduanya menggasak sejumlah barang senilai Rp40 juta.

Pelaku yakni PYB (18) dan kekasihnya S (16). Keduanya melakukan pencurian di sebuah rumah yang sedang ditinggal penghuninya di Jalan Gunung Tangkuban Perahu di Padangsambian Kelod, Denpasar pada Selasa (30/6/2020).

Dari rumah yang berada tak jauh dari indekos tempat mereka tinggal, sejumlah barang mereka bawa pulang yakni laptop, playstation, telepon seluler dan perhiasan emas dengan total nilai kerugian mencapai Rp40 juta.

"Yang bersangkutan masuk ke dalam rumah dengan cara memanjat tembok dan merusak jendela," kata Kasat Reskrim Polresta Denpasar, Kompol I Dewa Putu Gede Anom Danujaya di Mapolresta Denpasar, Rabu (8/7/2020).

Dalam penyelidikan kasus selanjutnya, ternyata pelaku PYB pernah melakukan kejahatan yang sama beberapa hari sebelumnya yakni Jumat 26 Juni 2020 bersama rekannya yang lain yakni RAP (21). Keduanya melakukan pencurian di warung yang berada di Jalan Cokroaminoto, Denpasar.

Dari tempat tersebut, keduanya menggondol puluhan bungkus rokok dan sebuah kotak amal dengan nilai kerugian ditaksir sebesar Rp5 juta.

"Barang-barang sebagian sudah dijual pelaku," ujarnya.

Ketiga pelaku ditangkap oleh petugas Satreskrim Polresta Denpasar pada hari berbeda. PYB bersama kekasihnya S ditangkap pada 2 Juli 2020 di indekos mereka. Sedangkan RAP dibekuk sehari kemudian di Lapangan Lumintang, Denpasar.

Atas perbuatannya ini, ketiganya terancam Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. "Ancaman hukuman bisa sampai 7 tahun," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto