Puskesmas Denpasar Selatan Tangani 280 Pasien Covid-19, Terbanyak dari Klaster Keluarga

Antara ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 19:06 WITA
Puskesmas Denpasar Selatan Tangani 280 Pasien Covid-19, Terbanyak dari Klaster Keluarga
Petugas Puskesmas melakukan test swab pedagang pasar di Denpasar (Foto: iNews.id/Muhammad Muhyiddin)

DENPASAR, iNews.id - Puskesmas di Denpasar Selatan, Bali menangani lebih dari 280 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Mayoritas kasus penularan dari keluarga.

"Yang tercatat ada 280-an yang terkonfirmasi positif Covid-19. Ada yang bergejala dan ada yang tidak," ujar Kepala Puskesmas I Denpasar Selatan, AA Ngurah Gede Dharmayuda di Denpasar, Sabtu (17/10/2020).

Menurutnya, kebanyakan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada awalnya menunjukkan gejalan demam tinggi, pilek, dan gangguan penciuman. Bila ditemukan gejala tersebut, tim dokter langsung mengarahkan pasien menjalani tes swab.

Dia memastikan tes swab di puskesmas diberikan gratis bagi mereka yang memang menunjukkan gejala terpapar Covid-19. Bagi yang mengikuti tes swab untuk kepentingan syarat perjalanan tetap dikenakan biaya.

Apabila hasil tes swab menunjukkan hasil positif, maka akan dilakukan isolasi. Kemudian puskesmas akan melakukan tracing kontak pasien tersebut. Keluarga dari pasien positif juga diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri.

"Untuk keluarga pasien yang menjalani isolasi mandiri juga menjadi tanggung jawab kami," ucapnya.


Editor : Reza Yunanto