Pura di Tabanan Dibobol Maling, Kerugian Puluhan Juta Rupiah

I Made Argawa ยท Minggu, 29 April 2018 - 18:07:00 WITA
Pura di Tabanan Dibobol Maling, Kerugian Puluhan Juta Rupiah
Pemangku Pura Dalem Banjar Penebel, I Gusti Ngurah Alit Arya Kesuma menunjukkan arca sapi yang kehilangan pratima di bagian punggung. (Foto: iNews.id)

TABANAN, iNews.id – Tempat beribadah bagi umat Hindu, Pura di Banjar Penebel Kelod, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali dibobol pencuri. Aksi pencurian ini diketahui seorang warga ketika akan berangkat ke sawah pada Minggu (29/4/2018) pagi.

Pencuri tersebut berhasil menggasak satu pasang pratima (patung dewa), perhiasan emas dan alat upacara berlapiskan emas senilai total Rp10 juta.

Peristiwa itu kemudian dilaporkan kepada aparat Banjar setempat dan diteruskan ke Polsek Penebel. Saat ini, polisi masih menyelidiki kasus pencurian tersebut.

Pemangku Pura Dalem Banjar Penebel, I Gusti Ngurah Alit Arya Kesuma mengatakan selain mengambil pratima, pencuri juga mengobrak-abrik sebuah gedong yang menjadi penyimpanan sarana upacara berlapiskan emas.

“Pencuri diperkirakan masuk dari pintu belakang pura yang tidak dikunci. Beberapa barang berharga yang digasak pencuri di antaranya pratima di punggung arca lembu, tusuk konde dari emas, dan alat upacara berlapiskan emas,” katanya.

Terkait insiden itu, I Gusti berharap pelaku pencurian pratima bisa segera terungkap. Pihak banjar juga akan menggelar rapat dan upacara ritual agar kasus pencurian di dalam pura tidak kembali terulang.

Kanitreskrim Polsek Penebel, Iptu I Wayan Kawi Suta mengatakan masih menyelidiki kasus pencurian itu. Dia menduga aksi pencurian dilakukan satu orang. “Kami masih menyelidiki bersama Polresta Tabanan. Dugaan sementara satu orang,” tandasnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: