Pulang Salat Idul Adha, Warga Denpasar Bali Dapat Helm Gratis

Aris Wiyanto, Indira Arri ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 09:47 WIB
Pulang Salat Idul Adha, Warga Denpasar Bali Dapat Helm Gratis
Polresta Denpasar membagikan helm gratis bagi umat muslim yang tidak memakai helm usai menjalankan Salat Idul Adha, Jumat (31/7/2020) (Foto: iNews.id/Indira Arri)

DENPASAR, iNews.id - Ada yang berbeda dari umat muslim di Denpasar, Bali yang melakukan Salat Idul Adha pagi ini, Jumat (31/7/2020). Mereka yang tidak membawa helm saat berkendara mendapat helm gratis dari Polresta Denpasar.

Hal itu terjadi saat para jemaah Salat Idul Adha pulang melewati Jalan Dewi Sartika, Denpasar. Pengendara yang kedapatan melintas tanpa helm diberhentikan petugas Polresta Denpasar.

Namun mereka tidak dikenakan tilang. Di hari yang suci ini, justru petugas kepolisian Polresta Denpasar memberikan helm gratis.

"Selain mendidik warga agar tetap mematuhi aturan saat berkendara, ini juga merupakan upaya berbagi dengan sesama di hari raya," tutur Kasat Lantas Polresta Denpasar, AKP Adi Sulistyo Utomo di lokasi, Jumat (31/7/2020).

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan edukasi sekaligus pengamanan berlalu lintas. Mengingat masih banyak ditemui pengendara yang melakukan pelanggaran saat melakukan kegiatan keagamaan atau adat.

"Kami tidak serta merta melakukan penindakan, tapi juga melaksanakan preemtif dan preventif. Jadi mengedukasi, melaksanakan pelayanan dan pengamanan," ujarnya.

Total ada 60 helm yang dibagikan kepada pengendara yang semuanya baru pulang dari menjalankan Salat Idul Adha di berbagai tempat. Dari jumlah itu termasuk 20 helm ukuran anak-anak.


Editor : Reza Yunanto