Polda Bali Tangkap Pengedar Narkotika Antarpulau, Barang Bukti 1 Kg Ganja Disita

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 15:36 WIB
Polda Bali Tangkap Pengedar Narkotika Antarpulau, Barang Bukti 1 Kg Ganja Disita
Polda Bali menangkap dua pengedar ganja antarpulau yang beroperasi di Bali. (Antara/Humas Polda Bali)

DENPASAR, iNews.id - Polda Bali menangkap dua pengedar ganja jaringan antarpulau. Keduanya ditangkap dengan barang bukti 1 kilogram ganja dan 47 paket sabu-sabu.

Kedua tersangka yang ditangkap yakni Nyoman Joni Setiawan (23) dan Nyoman Oka Rustiadi (25)

"Narkotika ini rencananya diedarkan di sekitar wilayah Denpasar sekitarnya dan mungkin bisa sampai ke kabupaten lain," kata Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Bali, AKBP Putu Yuni Setiawan di Denpasar, Kamis (23/7/2020).

Dia mengatakan, sumber pengiriman ganja berasal dari luar Bali. Jumlah narkotika yang disita dari kedua tersangka yaitu 47 paket sabu-sabu dengan berat 34,50 gram dan satu paket besar ganja dengan berat kurang lebih 1 kilogram.

"Modus kedua tersangka ini menyimpan, memiliki, menguasai narkotika jenis sabu dan ganja untuk diedarkan, sesuai dengan perintah yang mereka terima," katanya.

Kedua tersangka mengaku bersedia mengedarkan ganja dan sabu karena mendapatkan upah sebesar Rp50.000 sampai Rp100.000 untuk sekali mengedarkan. Barang haram tersebut diperoleh tersangka dari seseorang yang mereka panggil dengan sebutan Bos Cengkeh dan Ajik.

"Bos Cengkeh dan Ajik yang keberadaanya masih dalam pengembangan. Mereka juga mendapat upah dari meletakkan alamat yang diperintahkan oleh Bos Cengkeh," ucapnya.

Dia menuturkan, penangkapan kedua tersangka bermula dari penangkapan Nyoman Joni Setiawan di kamar kosnya pada Selasa (21/7/2020).

Dari hasil penangkapan ditemukan 47 paket sabu dan 1 kg gram ganja yang disembunyikan di ventilasi kamar tersangka.

Sedangkan untuk tersangka Nyoman Oka Rustiadi berperan untuk memecah dan mengemas sabu yang akan diedarkan. Barang bukti terkait yang berhubungan dengan narkotika juga ikut disita polisi.

"Dari barang bukti narkotika yang disita ini sebagian sudah diedarkan oleh para tersangka ke tempat-tempat yang sudah ditentukan," katanya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2), 112 ayat (2), dan 111 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009.


Editor : Reza Yunanto