PN Denpasar Tolak Pergantian Majelis Hakim Jerinx

Muhammad Muhyiddin ยท Senin, 21 September 2020 - 16:02:00 WITA
PN Denpasar Tolak Pergantian Majelis Hakim Jerinx
Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, Sobandi menolak pergantian majelis hakim Jerinx (iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Pengadilan Negeri (PN) Denpasar menolak permohonan penggantian majelis hakim yang menyidangkan kasus ujaran kebencian dengan terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx. Majelis hakim dinilai tidak melakukan pelanggaran kode etik sebagaimana alasan yang diajukan pemohon.

"Alasan yang disampaikan kuasa hukum Jerinx yang mengatakan majelis hakim sarat kepentingan, tidak tepat," kata Ketua PN Denpasar, Sobandi, Senin (21/9/2020).

Sobandi menambahkan, PN Denpasar telah memanggil majelis hakim yang menyidangkan perkara Jerinx. Dari pemanggilan tersebut, tidak ditemukan alasan yang kuat berdasarkan undang-undang untuk mengganti tiga hakim yang mengadili Jerinx.

"Selama ini majelis hakim tidak melanggar kode etik dan tidak berhalangan tetap," katanya.

Atas dasar itu, sebagai Ketua PN Denpasar dia tetap memercayakan ketiga orang tersebut sebagai majelis hakim yang mengadili kasus Jerinx.

Persidangan Jerinx selanjutnya akan digelar besok, Selasa, 22 September 2020, dengan agenda pembacaan tanggapan terdakwa atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Jerinx mengajukan permohonan pergantian majelis hakim yang menyidangkan perkara kliennya. Permohonan tersebut diajukan sehari setelah sidang, pada Jumat, 11 September 2020.

Tim kuasa hukum mempersoalkan keputusan majelis hakim yang meminta pembacaan dakwaan diteruskan meski tanpa kehadiran terdakwa di persidangan.

"Ternyata majelis hakim memerintahkan JPU untuk membacakan dakwaan yang secara hukum ini bertentangan dengan hukum acara Pasal 155 KUHAP," ujar salah satu kuasa hukum, I Wayan Suardana.


Editor : Reza Yunanto