Petugas Puskesmas Seririt Buleleng Jemput Keluarga Pasien Covid-19 untuk Tes Swab

Zainuddin Yasin ยท Senin, 18 Mei 2020 - 14:55 WIB
Petugas Puskesmas Seririt Buleleng Jemput Keluarga Pasien Covid-19 untuk Tes Swab
Petugas Puskesmas II Seririt Kabupaten Buleleng menjemput anggota keluarga PDP 51 yang hasil rapid test menunjukkan reaktif

BULELENG, iNews.id – Petugas Puskesmas Seririt mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) menjemput anggota keluarga pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu PDP 51. Empat anggota keluarga pasien ini dijemput menggunakan ambulans, untuk dibawa ke Rumah Sakit Pratama Giri Emas, setelah dari rapid test menunjukkan hasil reaktif.

Mereka terdiri atas GN (68) yang merupakan ayah, K-S (31) istri, K-C (5) anak pasien, dan K-A saudara dari pasien register 51. Keempatnya menunjukkan hasil reaktif, saat petugas melakukan rapid test terhadap 13 orang yang pernah kontak dengan pasien register 51.

Petugas membawa ke Rumah Sakit Pratama Giri Emas, di Kecamatan Sawan sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 untuk tes swab. “Yang dibawa petugas puskesmas masih satu keluarga dengan PDP, yang sekarang sudah dirawat di rumah sakit,” kata Kepala Dusun Sorga, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Buleleng, Artha Sedana,Senin (18/5/2020).

Usai membawa seluruh anggota keluarga pasien ke rumah sakit, tim relawan menyemprotkan disinfektan ke seluruh area rumah PDP 51. Kini, lima kepala keluarga yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 ini menjalani isolasi mandiri.

“Seluruh kebutuhan sehari-hari selama isolasi delapan hari, ditanggung oleh desa,” katanya.

Sementara itu, dalam uji sampel swab membutuhkan waktu sekitar dua hari, maka empat warga ini masih akan menginap di rumah sakit, sampai hasil swab telah keluar dan dinyatakan negatif.

“Saya sudah sempat koordinasi dengan tim medis tadi, kalau uji swab harus dibawa ke Denpasar, mungkin sekitar dua hari,” kata seorang kerabat pasien, Putu Rasti. Dia berharap seluruh anggota keluarganya yang dibawa petugas, hasil swabnya negatif.

Sebelumnya, pasien positif register 51 ini dinyatakan positif Covid-19, melalui tes swab.

PDP 51 ini merupakan pegawai kontrak Kantor Camat Seririt, yang bertugas menjemput pekerja migran dari Denpasar ke Buleleng. Diduga pasien ini tertular dari seorang pekerja migran.

Selain anggota keluarga, sebanyak 26 orang mulai dari camat, istri beserta anak, dan seluruh staf pegawai, juga menjalani rapid test massal. Hasilnya, 14 orang menunjukkan hasil reaktif dan kini masih menunggu hasil swab.


Editor : Dewi Umaryati