Petugas Puskesmas Denpasar Selatan di Poliklinik Covid-19 Pakai APD Level 3

Antara ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 18:41 WITA
Petugas Puskesmas Denpasar Selatan di Poliklinik Covid-19 Pakai APD Level 3
Ilustrasi perawat pasien Covid-19 (Foto:iNews/Jo Pita)

Denpasar, iNews.id - Puskesmas Denpasar Selatan, Bali menaikkan level penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas. Untuk nakes yang bertugas di Poliklinik Covid-19 menggunakan APD level 3.

"Kita sudah tentukan untuk menyesuaikan. Untuk pelayanan menggunakan APD level 2, dan poliklinik Covid level 3," kata Kepala Puskesmas Denpasar Selatan. AA Ngurah Gede Dharmayuda, di Denpasar, Jumat (16/10/2020).

Selain menaikkan level penggunaan APD, kata dia, setiap nakes yang bertugas juga dilengkapi dengan pedoman protokol kesehatan yang wajib diikuti. Tiap petugas harus menggunakan masker, sarung tangan, face shield dan masker minimal N95.

Menurutnya ada 59 orang yang bertugas di Puskesmas Denpasar Selatan ini. Namun diakui jumlah tersebut kurang, sehingga dilakukan pelatihan internal untuk mengatasi keterbatasan tersebut.

Kemudian ruang Poliklinik Covid juga berdiri terpisah dari ruang pelayanan yang lain. Aktivitas pasien yang mengarah ke positif Covid-19 juga terbatas untuk mengurangi potensi penularan virus

"Pasien kami batasi geraknya hanya di poli saja. Untuk pengambilan resep dan obat dilakukan oleh petugas kami dan diserahkan kepada pasien. Selain itu, wajib pakai masker, wajib duduk sesuai dengan yang kita siapkan dengan jarak, cuci tangan, kita berdayakan tenaga yang sudah ada dan dibuatkan jadwal," katanya.


Editor : Reza Yunanto