Penjual Hewan Kurban di Bali Akui Penjualan Anjlok 60 Persen

Indira Arri ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 16:34 WIB
Penjual Hewan Kurban di Bali Akui Penjualan Anjlok 60 Persen
Ilustrasi hewan kurban

DENPASAR, iNews.id - Penjualan hewan kurban di Denpasar, Bali sepi meskipun Hari Raya Idul Adha tinggal sehari lagi. Salah seorang penjual mengaku penjualan anjlok hingga 60 persen tahun ini.

Hal itu seperti diakui Ketua Rukun Warga Muslim (RWM) Nurul Iman, Sayid Abduloh. Dia mengatakan, penjualan hewan kurban tahun ini sepi peminat.

"Penjualan masih jalan tapi turun. Turunnya 60 persen dari tahun lalu," ujar Sayid ditemui di Denpasar, Kamis (30/7/2020).

Sayid mengaku pada tahun lalu penjualan hewan kurban di Nurul Iman mencapai 260 ekor kambing dan 30 ekor sapi. Bahkan pembeli sampai melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Namun untuk tahun ini sampai mendekati hari raya pun, hewan kurban yang berhasil terjual baru 80 ekor kambing dan 11 ekor sapi.

Dia menduga, menurunnya penjualan hewan kurban lantaran kondisi perekonomian masyarakat Denpasar saat ini yang terdampak pandemi Covid-19.

"Ya mungkin faktor keuangan karena Covid ini," tuturnya.

Terkait pasokan hewan kurban yang dijual, dia mengaku mendatangkan dari Jembrana dan Karangasem untuk hewan kambing. Sementara untuk sapi didatangkan dari Jatiluwih.


Editor : Reza Yunanto