Pelukis Bali Gelar Pameran sebagai Bentuk Simpati dan Dukungan untuk Warga Wuhan China

Aris Wiyanto ยท Sabtu, 07 Maret 2020 - 16:30:00 WITA
Pelukis Bali Gelar Pameran sebagai Bentuk Simpati dan Dukungan untuk Warga Wuhan China
Salah satu lukisan yang dipajang dalam pameran lukisan di Bali. (Foto: iNews/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Sejumlah pelukis asal Bali menggelar pameran untuk menunjukkan simpati dan dukungan mereka pada warga Wuhan-China. Hasil penjualan lukisan, rencananya disumbangkan kepada warga Wuhan.

Pameran lukisan bertema Di Bawah Langit Kita Bersaudara ini dibuka oleh Konsulat Jendral China di Denpasar, Gou Haodong dan Ketua Bali Art Club, Djaya Chandra Kirana. Pameran lukisan yang digelar di Sanur, Denpasar ini memamerkan sejumlah lukisan dari 22 seniman pelukis asal Bali.

Lukisan yang dipajang tidak hanya bergambar respon seniman pada kondisi di Wuhan dan dampak dari virus korona namun juga lukisan kaligrafi dari Konjen China, Gao Haodong.

Ketua Bali Art Club, Chandra Djaya Kirana mengatakan, dirinya yang pertama kali memiliki gagasan ini. Menurutnya, manusia hidup itu dimanapun sama dan saling mendukung serta mendoakan.

“Saya lihat belum ada seniman di Indonesia yang mendukung warga Wuhan agar segera terhindar dari virus korona,” katanya, Jumat (6/3/2020).

Baginya, selain sebagai bentuk solidaritas dan dukungan pada warga Wuhan, pameran ini juga sekaligus mengingatkan eratnya hubungan budaya antara China dengan Bali yang terjalin sejak zaman kerajaan.

Pada acara pembukaan pameran, juga menampilkan tari baris China yang merupakan tarian akulturasi budaya antara Bali dan China.

Ada 30 karya dari para seniman dalam pameran ini. Rencananya, pameran akan berlangsung selama 10 hari yakni dari sejak 6 hingga 16 Maret 2020.

Editor : Umaya Khusniah