Pelatih Surfing Edarkan Ganja di Bali, Ditangkap saat Terima Paket dari Medan

Antara ยท Senin, 20 Januari 2020 - 20:07:00 WITA
Pelatih Surfing Edarkan Ganja di Bali, Ditangkap saat Terima Paket dari Medan
Ilustrasi surfing (dok iNews.id)

DENPASAR, iNews.idBadan Narkotika Nasional (BNN) Bali mengungkap pengiriman paket ganja seberat 29 kilogram dari Medan ke Bali melalui jasa pengiriman. Seorang tersangka yang berprofesi sebagai pelatih surfing ditangkap saat menerima paket di pinggir jalan.

"Tersangka ini ditangkap saat mengambil kiriman paket di pinggir Jalan Tanah Barak, Kuta Utara, Badung pada Kamis (16/1/2020) sekitar pukul 14.00 WITA," kata Kepala BNN Bali Brigjen Pol I Putu Gede Suastawa, di Denpasar, Senin (20/1/2020).
Suastawa mengatakan, penangkapan tersangka bernama Criswandy disertai dengan barang bukti berupa 50 paket ganja dengan berat 27,9 kilogram. Kemudian, setelah dikembangkan, ditemukan kembali 3 paket ganja seberat 1,2 kilogram.

Dia mengatakan, modus yang digunakan tersangka berupa pengiriman melalui paket ekspedisi dengan tujuan untuk diedarkan di Bali.

Tersangka sehari-hari bekerja sebagai pelatih surfing di daerah Canggu, Badung. Menurut pengakuan, dia baru sekali menerima paket ganja.

"Sementara untuk upahnya masih dalam pengembangan dan saya yakin dia sendiri sudah menerima upah. Kita juga akan memastikan apakah benar ini kali pertama tersangka melakukan peredaran narkotika ke Bali," ujarnya.

Dia menduga, tersangka ikut mengedarkan ganja karena adanya permintaan yang tinggi. Apalagi, tersangka berprofesi sebagai pelatih surfing. Diduga, tersangka melayani pemesanan ganja dari perkenalannya selama melatih surfing.

“Prosesnya ya ada yang meminta otomatis ada yang mengirim ke Bali, apalagi dia bekerja sebagai pelatih surfing di Canggu, sasarannya bisa siapa saja mulai dari pengusaha, sesama pemain surfing dan masyarakat Bali dengan jumlah sebanyak ini," katanya lagi.

Editor : Reza Yunanto