Pelanggan PDAM di Badung Gratis 3 Bulan, Ini Ketentuannya

Antara ยท Kamis, 16 April 2020 - 21:58 WITA
Pelanggan PDAM di Badung Gratis 3 Bulan, Ini Ketentuannya
Ilustrasi PDAM. (Foto: Antara)

BADUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung, Provinsi Bali, menggratiskan pembayaran tagihan selama tiga bulan bagi 59.975 pelanggan jasa air minum yang dikelola oleh PDAM Tirta Mangutama. Kebijakan ini untuk meringankan warga yang terkena dampak virus corona (Covid-19).

"Kebijakan ini mulai berlaku untuk pembayaran bulan Mei, Juni dan Juli tahun 2020," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melalui keterangan tertulis kepada media, Kamis (16/4/2020) malam.

Dia mengatakan, kebijakan tersebut mengacu pada Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum.

Namun pelanggan yang bisa menikmati gratis penuh selama tiga bulan hanya pelanggan klaster golongan sosial A, B, dan G.

Sedangkan untuk pelanggan klaster rumah tangga D1,D2, dan D3 hanya dibebaskan untuk pemakaian 10 meter kubik per bulan. Sedangkan untuk penggunaan lebih dari itu akan dikenakan tarif normal.

"Ini mengacu kepada Permendagri Nomor 71 tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum dimana dalam pasal 1 angka 10 disebutkan Standar Kebutuhan Pokok Air Minum adalah kebutuhan air sebanyak 10 meter kubik/kepala keluarga/bulan atau 60 liter/orang/hari atau sebesar satuan volume lainnya," kata dia menerangkan.

Dia menjelaskan, klaster golongan sosial A dan G merupakan saluran untuk kamar mandi dan WC umum, terminal air, keran umum. Klaster sosial B merupakan yayasan sosial, sekolah negeri/swasta, panti asuhan, dan rumah ibadah.

Sementara untuk golongan rumah tangga D1, D2 dan D3 mengacu pada lebar jalan. Untuk D1 dengan ketentuan perumahan yang di muka rumah terdapat jalan yang lebarnya termasuk got 0-3,99 meter.

Rumah tangga D2 ketentuan perumahan yang di muka rumah terdapat jalan yang lebarnya termasuk got 4-6,99 meter dan rumah tangga D3 dengan ketentuan perumahan yang dimuka rumah terdapat jalan yang lebarnya termasuk got 7 meter ke atas.

"Meskipun digratiskan, kami mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan air dengan efektif dan efisien dan memprioritaskan penggunaan untuk kepentingan minum, memasak, mandi dan keperluan ibadah," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Mangutama I Ketut Golak menjelaskan, kebijakan Pemkab Badung ini tidak menghitung untung maupun rugi dan merupakan bagian dari kepeduliaan pemerintah terhadap warganya.

"Yang terpenting adalah kami dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat di tengah wabah COVID-19 serta dampak yang ditimbulkannya," katanya.

Pembebasan pembayaran terhadap 59.975 sambungan langsung atau pelanggan itu diperkirakan senilai lebih dari Rp7,9 miliar selama tiga bulan pemberlakuan.


Editor : Reza Yunanto