Paus 13,8 Meter Ditemukan Mati Membusuk di Pantai Canggu Bali

Chusna Mohammad · Kamis, 21 Januari 2021 - 16:54:00 WITA
Paus 13,8 Meter Ditemukan Mati Membusuk di Pantai Canggu Bali
Petugas mengubur bangkai ikan paus jenis great white di Pantai Canggu, Kuta Utara, Bali, Kamis (21/1/2021). (Foto: MNC Portal/Chusna Mohammad)

DENPASAR, iNews.id – Ikan Paus sepanjang 13,8 meter ditemukan mati dengan kondisi sudah membusuk di Pantai Canggu, Kuta Utara, Bali, Kamis (21/1/2020). Kematian mamalia itu masih diselidiki Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar. 

Peristiwa itu pertama kali diketahui warga lalu dilaporkan kepada petugas. "Ditemukan sekitar 20 meter dari bibir pantai," kata Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Permana Yudiarso. 

Saat ditemukan, paus jenis great white itu telah mati dan menjadi bangkai. Waktu kematiannya diduga sudah lebih dari sepekan. 

Agar tidak mengganggu kenyamanan warga dan wisatawan, bangkai paus itu dievakuasi dan dikubur di tepi pantai menggunakan alat berat. 

Yudi menjelaskan, sebelum dikubur, sampel tubuh paus telah diambil untuk kepentingan penelitian. “Hasilnya kemungkinan dalam waktu empat sampai lima hari," ucapnya. 

Editor : Kastolani Marzuki