Pasien Positif Covid-19 di Jembrana Melonjak, Ruang Isolasi RSU Negara Penuh

Nyoman Sudika ยท Sabtu, 26 September 2020 - 07:53:00 WITA
Pasien Positif Covid-19 di Jembrana Melonjak, Ruang Isolasi RSU Negara Penuh
Ruang isolasi pasien Covid-19 di RSU Negara, Jembrana penuh. (iNews.id/Nyoman Sudika)

JEMBRANA, iNews.id - Melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jembrana, Bali membuat Rumah Sakit Umum (RSU) Negara tak mampu lagi menampung pasien. Kapasitas ruang isolasi sudah terisi semua.

Pada Jumat (25/9/2020), ada 31 warga Jembrana yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Puluhan kasus itu merupakan hasil tracing kontak dari beberapa klaster di Jembrana.

"Ini paling tinggi dalam satu hari di Jembrana," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Jembrana, I Gusti Agung Putu Arisantha dalam keterangan melalui video, Jumat (25/9/2020).

Namun melonjaknya kasus positif tersebut tidak dibarengi dengan ketersediaan tempat tidur di RSU Negara. Sebanyak 42 tempat tidur yang tersedia untuk pasien positif Covid-19 di RSU Negara, sudah terisi seluruhnya.

"Saat ini tempat tidur di RSU Negara untuk pasien Covid-19 sudah penuh," katanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka pasien positif diarahkan untuk menjalankan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Kendati demikian, pengawasan yang ketat akan dilakukan oleh petugas puskesmas dan Satgas Gotong Royong di desa masing-masing.

Dia mengatakan, sampai saat ini total kasus positif di Jembrana mencapai 290 orang. Dari jumlah itu, 199 orang sudah sembuh, dan enam orang meinggal dunia.

"Masih ada 33 orang yang dirawat, dan 52 orang isolasi mandiri," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto