Pasar Galiran Bali Dibuka Lagi, Penjual: Masih Sepi, Orang Belum Berani Datang

I Gede Juli Arsana ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 10:10 WIB
Pasar Galiran Bali Dibuka Lagi, Penjual: Masih Sepi, Orang Belum Berani Datang
Pasar Galiran Klungkung kembali dibuka, Kamis (25/6/2020) setelah ditutup tiga hari karena ada kasus positif Covid-19. (iNews.id/I Gede Juli Arsana)

KLUNGKUNG, iNews.id - Pasar Galiran di Kabupaten Klungkung, Bali kembali dibuka hari ini, Kamis (25/6/2020). Pedagang bisa berjualan kembali bila telah memiliki surat keterangan bebas Covid-19.

Pantauan iNews.id di lokasi, sejumlah pedagang tampak kembali membuka lapak barang dagangan. Total ada sekitar 500 pedagang yang kembali berjualan di pasar tradisional terbesar di Bali timur ini.

Kendati demikian, situasi di Pasar Galiran terbilang sepi dibanding hari-hari biasa sebelum penutupan. Beberapa pedagang yang mulai berjualan kembali mengeluhkan sepinya pengunjung.

"Kata orang ada corona jadi orang belum berani datang ke sini," ujar seorang pedagang, Nu Made Martini, Kamis (25/6/2020).

Setelah dibuka kembali, lapak pedagang di Pasar Galiran kini juga ditata sedemikian rupa. Tiap pedagang diberi jarak sehingga tidak terlalu berdekatan.

Pasar Galiran ditutup selama tiga hari mulai 22 Juni hingga 24 Juni 2020. Selama pasar ditutup, seluruh pasar disemprot disinfektan selama tiga hari berturut-turut dan dilakukan penataan di dalam pasar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Penutupan pasar dilakukan setelah ditemukan kasus positif Covid-19 dari pasar tersebut.

"Pasar Galiran saat ini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Klungkung. Berawal dari satu-dua orang yang terinfeksi, sehingga sampai hari ini didapatkan sudah ada 32 orang yang terpapar Covid dari klaster Pasar Galiran," ujar Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra.


Editor : Reza Yunanto