Pariwisata Dibuka, Pemkab Karangasem Bali Mulai Buka Sejumlah Objek Wisata

Antara ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 17:04 WIB
Pariwisata Dibuka, Pemkab Karangasem Bali Mulai Buka Sejumlah Objek Wisata
Objek wisata Pura Besakih di Kabupaten Karangasem kembali dibuka setelah Pemerintah Provinsi Bali membuka pariwisata untuk wisatawan domestik per 31 Juli 2020. (Antara)

KARANGASEM, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem, Bali telah membuka secara bertahap sejumlah objek wisata. Hal itu dilakukan setelah Pemerintah Provinsi Bali resmi membuka pintu bagi wisatawan domestik per 31 Juli 2020.

"Kami Pemerintah Kabupaten Karangasem telah melakukan peluncuran Destinasi wisata. Launching dilaksanakan dengan mempertimbangkan bahwa Destinasi wisata telah diverifikasi oleh tim kabupaten serta bantuan dari unsur yang tergabung didalamnya," kata Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dikutip dari keterangan tertulis Humas Pemkab Karangasem kepada media, Jumat (31/7/2020).

Sumatri mengatakan, Pemkab Karangasem telah melakukan berbagai upaya penanganan Covid-19 dalam memulihkan kembali perekonomian masyarakat khususnya sektor pariwisata. Koordinasi dengan pengelola destinasi wisata dan pemerintah Bali terus dilakukan untuk memastikan pembukaan objek wisata yang ada.

"Kami selalu melakukan koordinasi dengan pengelola Destinasi wisata, serta dengan Pemerintah Provinsi Bali terkait dengan bagaimana dan kapan Destinasi wisata dapat dibuka kembali, sehingga perekonomian masyarakat di sektor pariwisata dapat pulih kembali," ujarnya.

Sejalan dengan peraturan pemerintah Bali yang menerapkan protokol kesehatan dalam tatanan kehidupan era baru, sejumlah destinasi wisata juga telah diverifikasi oleh tim verifikasi.

Sumatri mengatakan, Pemkab Karangasem mengimbau kepada setiap destinasi wisata serta usaha pariwisata di Karangasem agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan semua penerapannya, selain itu juga daIam melaksanakan transaksi menggunakan teknologi.

"Sehingga transaksi dapat dilakukan dengan nontunai atau yang lebih dikenal dengan istilah QRIS yang merupakan pembayaran digital menggunakan scan, sehingga meminimalkan adanya interaksi langsung," ujarnya.

Beberapa destinasi wisata yang telah dibuka dan mendapat verifikasi yakni Taman Soekasada Ujung, Pesona Bukit Lempuyang, dan Kawasan Pura Agung Besakih.


Editor : Reza Yunanto