Pariwisata Dibuka, Gubernur Koster Minta Pemerintah Pusat Adakan Rapat di Bali

Indira Arri ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 10:40 WIB
Pariwisata Dibuka, Gubernur Koster Minta Pemerintah Pusat Adakan Rapat di Bali
Gubernur Bali Wayan Koster (Pemprov Bali)

DENPASAR, iNews.id - Gubernur Bali Wayan Koster meminta bantuan pemerintah pusat untuk menggairahkan kembali pariwisata Bali sehingga bisa menggenjot perekonomian yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menggelar acara dan rapat-rapat di Bali.

"Khusus untuk mengaktifkan serta menggerakkan perekonomian di Bali ini, kami memohon kepada bapak Menko Maritim dan juga bapak Menteri Pariwisata agar kegiatan-kegiatan kementerian maupun lembaga di Jakarta supaya mulai mengadakan rapat-rapat di Bali," kata Gubernur Bali Wayan Koster saat Deklarasi Program Kepariwisataan dalam Tatanan Kehidupan Bali Era Baru di Nusa Dua, Kamis (30/7/2020) malam.

Menurut Koster, dengan cara itu maka hotel-hotel di Bali mulai terisi kembali. Begitu juga dengan pelaku usaha restoran, transportasi, koperasi, dan pelaku usaha kecil menengah lainnya bisa kembali bangkit menggerakkan perekonomian lagi.

"Karena selama ini memang 52 persen lebih perekonomian (Bali) ditopang oleh kepariwisataan. Sehingga dengan pandemi Covid-19 ini praktis pariwisata Bali mengalami kelumpuhan yang berdampak pada sulitnya perekonomian masyarakat," ujarnya.

Pariwisata Bali resmi dibuka untuk wisatawan nusantara mulai hari ini, Jumat (31/7/2020). Pembukaan sektor pariwisata tahap kedua ini diharapkan mampu membangkitkan perekonomian Bali yang terpuruk akibat dilanda pandemi Covid-19.

Deklarasi yang menjadi penanda dibukanya tahap kedua pariwisata Bali untuk wisatawan domestik ini juga dihadiri Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Pariwisata Ekonomoi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

"Kami sangat berharap agar tahapan ketiga atau pembukaan pariwisata untuk wisman bisa dijalankan lancar," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto