Pariwisata Bali Mulai Dibuka, Ribuan Barcode PeduliLindungi Dipasang di Objek Wisata

Muhammad Muhyiddin ยท Rabu, 15 September 2021 - 17:32:00 WITA
Pariwisata Bali Mulai Dibuka, Ribuan Barcode PeduliLindungi Dipasang di Objek Wisata
Dinas Pariwisata Bali memasang ribuan barcode aplikasi PeduliLindungi di objek wisata. (Foto: iNews/Muhammad Muhyidin)

DENPASAR, iNews.id - Sejumlah tempat wisata di Bali kembali dibuka. Dinas Pariwisata (Dinpar) Bali memasang lebih dari 3.000 barcode aplikasi PeduliLindungi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Objek-objek wisata yang sifatnya alam sudah mulai dibuka, tapi dengan aplikasi PeduliLindungi," ujar Kepala Dinpar Bali, Putu Astawa di Denpasar, Rabu (15/9/2021).

Astawa mengatakan, pembukaan objek wisata karena Bali kini sudah turun ke PPKM Level 3. Kendati demikian upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari objek wisata tetap dilakukan dengan penerapan PeduliLindungi.

Penyiapan barcode tersebut juga bekerja sama dengan seluruh stakeholder pariwisata Bali. Setiap pengunjung wajib melakukan scan PeduliLindungi saat datang ke objek wisata termasuk hotel. Hal ini dilakukan agar tidak memunculkan klaster baru.

Astawa mengatakan, selain menyiapkan ribuan barcode PeduliLindungi di objek wisata, Dinpar Bali juga menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter). Ini merupakan salah satu upaya Bali untuk memberi rasa nyaman kepada wisatawan yang datang.

Sebelumnya pemerintah menurunkan status penanganan Covid-19 di Bali dari PPKM Level 4 menjadi PPKM Level 3 mulai Senin (13/9/2021). Penurunan kategori PPKM tersebut membuat Bali bisa kembali membuka pariwisata.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: