Mulai 26 Maret, RSUP Sanglah Bisa Periksa Sampel Pasien Virus Corona

Antara · Selasa, 24 Maret 2020 - 19:02 WIB
Mulai 26 Maret, RSUP Sanglah Bisa Periksa Sampel Pasien Virus Corona
Ilustrasi Uji Laboratorium (dok iNews.id)

DENPASAR, iNews.id - RSUP Sanglah di Denpasar Bali sudah bisa melakukan pengujian sampel Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kasus virus corona atau Covid-19. Menurut rencana, uji lab di rumah sakit pemerintah tersebut mulai dilakukan 26 Maret.

"Pihak laboratorium RSUP Sanglah dan Dekan Fakultas Kedokteran Unud sudah memastikan bahwa mulai hari Kamis, tanggal 26 Maret ini, laboratorium uji atau tes COVID-19 sudah bisa digunakan," kata ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam keterangan yang disiarkan melalui video streaming, di Denpasar, Selasa (24/3/2020).

Dia mengatakan, pada Senin (23/3/2020) malam, alat untuk melakukan uji sampel pasien virus corona yakni reagen sudah tiba dan telah dilakukan uji coba dan dinyatakan sudah bisa beroperasi.

Dengan demikian, mulai 26 Maret mendatang, semua sampel PDP di sejumlah RS rujukan di Provinsi Bali dapat mengirimkan sampel swab-nya ke RSUP Sanglah dan tidak perlu menunggu ke Balitbang Kemenkes di Jakarta lagi.

Selain uji lab di RSUP Sanglah, untuk mempercepat tes bagi orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19, Pemerintah Provinsi Bali juga telah mengupayakan membeli peralatan yang diperlukan. Alat tersebut diperkirakan tiba di Pulau Dewata pada 28 Maret mendatang.

Hingga Selasa (24/3/2020) jumlah pasien positif terjangkit virus corona di Bali belum bertambah, dan masih 6 kasus di mana 2 orang di antaranya telah meninggal dunia. Sedangkan 4 orang lain yang menjalani perawatan yaitu 2 orang WNA di RSUD Tabanan, dan 2 WNI di RSUP Sanglah.


Editor : Reza Yunanto