Mahasiswa Amerika di Bali Terima Paket Ganja Disamarkan Kue Brownies

Aris Wiyanto ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 13:24 WITA
Mahasiswa Amerika di Bali Terima Paket Ganja Disamarkan Kue Brownies
JO, mahasiswa asal Amerika Serikat yang diamankan BNN Bali karena menerima paket ganja disamarkan dalam kue brownies. (iNews.id/Aris Wiyanto)

DENPASAR, iNews.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) Bali mengamankan seorang mahasiswa asal Amerika Serikat (AS) yang menerima paket ganja dalam bentuk kue brownies. Mahasiswa berinisial JO (21) itu mendapat kiriman ganja dari keluarganya.

"Dia samarkan dalam bentuk kue, karena dia tahu ganja itu ilegal di sini," ujar Kabid Pemberantasan BNN Bali, Putu Agus Arjaya dalam keterangan kepada media, Selasa (4/8/2020).

Dia menjelaskan, JO merupakan mahasiswa yang sedang belajar di Bali. Dia diketahui menerima paket berisi kue brownies seberat 130 gram yang dikirim keluarganya di AS melalui kantor pos.

Menurutnya, penangkapan JO bermula dari informasi yang diberikan Bea dan Cukai Denpasar kepada BNN Bali tentang paket mencurigakan yang berasal dari AS. Paket tersebut kemudian diperiksa dan ditemukan lima potong kue brownies.

"Begitu kami cek dan koordinasi dengan Labfor Polri, ternyata (kue brownies) itu ada kandungan ganjanya," ujarnya.

Selanjutnya, petugas BNN melakukan penelusuran berdasarkan alamat penerima paket yaitu seseorang di Sibang Kaja, Abiansemal, Kabupaten Badung. Di alamat tersebut, petugas menangkap JO yang tak membantah paket itu dikirim untuknya.

Tersangnka JO ditahan di kantor BNN Bali. Dia bakal dijerat Pasal 113 ayat 1 juncto Pasal 127 ayat 1 undang-undang narkotika dengan ancaman hingga 15 tahun penjara.


Editor : Reza Yunanto