LPSK Serahkan Kompensasi Rp2 Miliar untuk 5 Korban Terorisme

Bona Jaya ยท Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:54 WITA
LPSK Serahkan Kompensasi Rp2 Miliar untuk 5 Korban Terorisme
Korban terorisme di Indonesia menerima kompensasi dari LPSK di Denpasar, Bali, Kamis (15/10/2020). (iNews.id/Bona Jaya)

DENPASAR, iNews.id - Sebanyak lima korban aksi terorisme di Indonesia menerima kompensasi tunai dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jumlahnya mencapai lebih dari Rp2 miliar.

"Jumlah yang kami berikan dua miliar lebih untuk lima orang," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo di Denpasar, Kamis (15/10/2020).

Dia mengatakan, lima orang korban terorisme yang menerima kompensasi itu terdiri atas tiga orang korban aksi terorisme di Poso, Sulawesi Tengah, dan dua orang korban aksi terorisme di Wonokromo, Jawa Timur. Jumlah kompensasi yang diterima berbeda satu sama lainnya.

"Paling rendah Rp20 juta, paling tinggi lebih dari Rp1 miliar tergantung luka yang dialami," katanya.

Menurutnya, besaran kompensasi yang diterima korban itu merupakan putusan pengadilan. LPSK hanya bertindak sebagai eksekutor kompensasi kepada korban, dari mulai asesmen, pengajuan dana hingga mentransfer ke rekening korban.

"Ini putusan hakim, jadi kami tidak bisa ubah," tuturnya.

Dia meminta kepada para korban aksi terorisme segera melapor kepada LPSK untuk dilakukan asesmen, sehingga bisa diajukan untuk kompensasi. Seperti yang dilakukan saat ini terhadap 39 korban bom Bali I dan II yang menjalani asesmen.

"Saat ini sudah 207 orang, bukan hanya untuk Bali tapi seluruh peristiwa (terorisme) di Indonesia," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto